Cakupan Vaksinasi di Paser Rendah

Tana Paser, Metrokaltim.com – Cakupan vaksinasi di Kabupaten Paser secara keseluruhan masih rendah. Padahal vaksin ini sudah mulai berjalan sekira akhir Februari lalu. Yakni secara menyeluruh cakupannya masih 18,2 persen.

“Untuk lansia 4,3 persen, pelayanan publik 24,0 persen dan tenaga kesehatan 114,2 persen. Kalau secara keseluruhan cakupan vaksinasi dari tiga kategori itu sebesar 18,2 persen,” kata Jubir Satgas COVID-19 Kabupaten Paser, Amir Faisol, Selasa (20/4).

Masih minimnya vaksinasi lansia, karena terdapat beberapa kendala. Diantaranya lansia disertai dengan penyakit komorbid, rasa takut dan kesulitan akses ke rumah sakit atau puskesmas terdekat.

“Kalau jumlah lansia kisaran 21.120 jiwa. Itu data kami terima dari Kementerian Kesehatan,” sambungnya.

Sementara vaksinasi untuk tenaga pengajar sejauh ini sudah 820 jiwa. “Jumlah guru ada 6 ribuan. Tenaga pengajar TK dan SD ditargetkan rampung pada pekan kedua Mei mendatang, sedangkan SMP dan SMA paling lambat akhir Mei,” sebut Amir.

Informasi terbaru, calon jemaah haji yang telah divaksin sekira 70 persen dari 245 jiwa. Sebagai catatan, Selasa (20/4) saat ini Paser kembali zona merah. Yakni 55 kasus terkonfirmasi positif.

(sya/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *