Jauh Hari, Desa Senakan Telah Bentuk Satgas Covid-19, Tingkat RT, Kades Tunggu Instruksi Camat

Tana Paser, Metrokaltim.com – Saat ini telah terbit instruksi Bupati Paser, Nomor 2 Tahun 2021, mengenai pengendalian, pencegahan dan penanganan wabah pandemi Covid-19 di Kabupaten Paser.

Bahkan salah satu poin instruksi itu, meminta camat untuk mengaktifkan posko maupun membentuk Satuan Petugas (Satgas) di tingkat desa hingga lingkungan RT.

Namun untuk di Kabupaten Paser, dari 144 desa-kelurahan, sejatinya telah sebagian wilayah yang membentuk satgas jauh-jauh hari. Salah satunya Desa Senaken, Kecamatan Tanah Grogot.

“Kami sudah bentuk. Dan saya sendiri ketuanya. Ya ini langsung arahan dari Kemendes (Kementerian Desa),” kata Kepala Desa Senaken, Bambang Supriyadi, Sabtu (13/2) siang.

Dikatakannya, dalam Satgas Covid-19 Desa Senaken, seluruh ketua RT dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) terlibat. Semuanya selalu sigap, jika ada warganya yang terkonfirmasi positif. “Di sini ada 15 ketua RT dan empat orang BPD,” sebut Bambang.

Andai kata, terdapat warganya yang terkonfirmasi
positif, Satgas Covid-19 Desa Senaken juga aktif berkomunikasi dengan pihak puskesmas, khususnya yang orang tanpa gejala (OTG). Karena melakukan isolasi mandiri di rumah.

“Ya sembari kami antarkan sembako. Serta melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan RT,” terangnya.

Bantuan sembako sendiri, didapati dari dana desa dan dari Dinas Sosial. Hanya saja untuk tahun ini belum. Pun dari pemerintah. Terkait adanya rencana dibentuk satgas di tingkat RT, pada dasarnya ia sangat setuju.

“Ya kami rencana mau buat. Hanya saja belum, karena masih menunggu instruksi (camat),” sebut dia.

Sepanjang masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Paser, dibeberkan Bambang, jika dari 10 ribu warganya, telah ratusan jiwa yang terpapar Covid-19.

“Sepanjang pandemi, telah 180 orang yang (sudah) terkonfirmasi positif. Tiga orang meninggal (disertai komorbid). Sementara ini, masih ada 10 jiwa terpapar Covid-19, dan menjalani isolasi mandiri di rumah,” pungkasnya.

(sya/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *