Metro Kaltim

ALPKB Muara Jawa Bersihkan Gorong-Girong, bersama Masyarakat Kukar

Kutai Kartanegara, Metrokaltim.com – Aliansi Laskar Pemuda Kutai Bersatu (ALPKB) tidak hanya melestarikan adat budaya dan tradisi khususnya Kutai saja, namun juga ikut mengangkat rasa kegotong royongan.

Ini terbukti saat DPC ALPKB Muara Jawa ikut membaur bersama masyarakat untuk membersihkan selokan di sepanjang jalan Handil 3 Kecamatan Muara Jawa, Kutai Kartanegara (Kukar) beberpa waktu lalu.

“Kami DPC ALPKB Muara Jawa membaur bersama masyarakat
sebagai bentuk kerja sama antara warga dalam kehidupan sosial, di dalam menyelesaikan sesuatu yang berguna untuk kepentingan bersama, dengan ikut melaksanakan gotong royong,” kata Yusuf, Ketua Koordinator DPC ALPKB Muara Jawa, Kukar.

Gotong royong bersihkan drainase di Muara Jawa, Kukar.

Lokasi kegiatan sendiri berada di sekitar kuburan muslim Handil 3 Kecamatan Muara Jawa. Kegiatan yang dilakukan meliputi, gotong royong pembersihan drainase kuburan yang sering kali tertimbun pasir yang turun dari gunung, pemasangan bata untuk peninggian drainase dan penormalisasian gorong gorong yang buntu, dengan dibantu mobil pemadam kebakaran untuk penyemprotan gorong gorong yang buntu.

Didalam ilmu sosial, gotong royong diartikan ialah sebagai salah satu bentuk prinsip kerjasama, saling membantu tanpa imbalan namun yang dihasilkan untuk kepentingan bersama atau juga kepentingan umum.

“Jadi, gotong royong itu tidak sepenuhnya tentang bekerja bakti, tapi dalam bentuk saling tolong menolong juga merupakan salah satu contoh dari budaya gotong royong, untuk itu kami sebagai anggota ALPKB inging mengangkat budaya ini sebagai kerakatan antara sesama masyarakat,” harapnya.

Dalam pelaksananya DPC ALPKB Dari Muara Jawa juga, dibantu oleh LPM Muara Jawa Ulu dan LPM Muara Jawa Pesisir bekerjasama dengan anggota pengurus kuburan, beserta masyarakat sekitar untuk hadir melaksanakan kegiatan tersebut.

(aji/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *