Antisipasi Penyalagunaan Senpi, Baglog dan Sipropam Laksanakan Pengecekan di Polsek Jajaran

BALIKPAPAN, Metrokaltim.com – Tak hanya melaksanakan Penegakan Ketertiban dan Disiplin (Gaktibplin) kepada personel Polresta Balikpapan, Sie Profesi dan Pengamanan (Sipropam) juga melaksanakan kegiatan di polsek jajaran. 

Namun sasarannya kali ini yakni pengecekan senjata api (senpi) dan kendaraan dinas yang digunakan satuan kerja dan masing-masing personel Polsek. 

Kegiatan yang dipimpin oleh Kabaglog Polresta Balikpapan Kompol Windia dengan didampingi personel Baglog dan Sipropam Polresta Balikpapan mengawali pemeriksaan di Polsek Balikpapan Barat. 

“Kita awali melaksanakan pengecekan senpi dan kendaraan di Polsek Balikpapan Barat,” terang Kapolresta Balikpapan, KBP V Thirdy Hadmiarso melalui Kasipropam Polresta Balikpapan, AKP Suyanto, Kamis (16/2/2023). 

Kasipropam menambahkan bahwa kegiatan ini dilaksnakan untuk mengecek kedisiplinan anggota terhadap penggunaan senpi dan kendaraan dinas. 

“Sasaran pemeriksaan yaitu kelengkapan administrasi senpi, pemeriksaan kondisi kebersihan fisik senpi serta pemeriksaan administrasi dan fisik Ranmor dinas baik R2, R4,” tambahnya lagi. 

Kasipropam juga berpesan kepada anggota, agar memelihara serta merawat senpi dan ranmor, sehingga sewaktu digunakan dapat berfungsi dengan baik, selain itu bertujuan menginventarisasi senpi dinas dan ranmor dinas sehingga antara administrasi dan bukti fisik sinkron.

“Khusus senjata api, pemeriksaan ini sifatnya pengawasan dan pengendalian. Tujuan yang utama adalah mengantisipasi terjadinya penyalahgunaan senjata api dan amunisi oleh anggota Polri, khususnya anggota Polresta Balikpapan serta polsek jajaran,” tandasnya.(*/Ries).

112

Leave a Reply

Your email address will not be published.