Antisipasi Penyimpangan Bantuan, Polresta Siap Amankan Penyaluran BST

Balikpapan, Metrokaltim.com – Polresta Balikpapan bekomitmen untuk selalu siap memberikan pengamanan dan pengawalan terhadap penyaluran bantuan sosial tunai (BST). Hal ini dilakukan agar seluruh masyarakat di Kota Minyak bisa minikmati bantuan tersebut secara utuh.

Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi melalui Kasubbaghumas Polresta Balikpapan Iptu Nurhaedah mengatakan, dalam memberikan pengamanan dan pengawalan penyeluran BST, pihaknya menerjunkan personel Bhabinkamtibmas di masing-masing polsek. Para Bhabinkamtibmas ini akan bekerja sama dengan prajurit TNI untuk memonotoring jalannya pemberian BST.

Nurhaedah lantas mencontohkan monotoring penyaluran BST di Asrama Haji, Balikpapan Timur, pada Senin (6/7) lalu. Saat itu, Bhabinkamtibmas bersama Babinsa kompak mengamankan dan mengawal penyaluran BST di sana.

“Saat itu Wakapolresta Balikpapan (AKBP Sebpril Sesa) juga ikut mendampingi Wali Kota Balikpapan (Rizal Effendi) melakukan pengecekan penyaluran BST di Asrama Haji,” katanya, Rabu (15/7).

Memberikan pengamanan dan pengawalan penyeluran BST bukan tanpa alasan. Nurhaedah menerangkan, tidak bisa dipungkuri penyalahgunaan bantuan bisa saja terajadi. Oleh karena itu, perlua adanya sinergitas aparat keamanan untuk melancarkan penyaluran BST. Karena dengan begitu penerima bantuan bisa mendapatkan haknya dengan baik.

“Kegiatan pengamanan ini dilakukan untuk memastikan bahwa pembagian bantaun tersebut tepat sasaran dan tidak ada penyimpangan,” terang perwira balok dua di pundak itu.

Ditambahkan Nurhaedah, kegiatan penyaluran BST masih akan berlangsung hingga beberapa hari kedepan. Selama itu juga, aparat kepolisian akan terus mengawal bantuan tersebut, sampai proses penyaluran selesai dan warga menerima haknya secara utuh.

“Apabila ada hal menonjol, personel yang bertugas langsung melaporkan kepada pimpinan secara berjenjang. Sehingga bisa diambil langkah-langkah antisipasi dalam penyelesaiannya,” pungkasnya.

(tya/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *