APBD 2023 Mendapat Tambahan Sebesar Rp 874 Miliar Kini Menjadi Rp 3,7 Triliun

BALIKPAPAN, Metrokaltim.com – DPRD Kota Balikpapan menggelar rapat paripurna ke-27 masa sidang III tahun 2023 tentang Penyampaian pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD kota Balikpapan terhadap nota penjelasan wali kota atas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Balikpapan, tentang APBD Tahun 2023.

Selain diikuti secara offline diruang rapat gabungan DPRD, rapat juga diikuti anggota DPRD dan wali kota Balikpapan secara online, Kamis (24/11/2022).

Usai rapat, Wakil Ketua DPRD Balikpapan Budiono mengatakan, rapat hari ini terkait dengan pandangan umum fraksi-fraksi DPRD terhadap nota penjelasan Walikota Balikpapan, tentang RAPBD Tahun Anggaran 2023 yang semual Rp 2,7 triliun ada penambahan.

Dan berdasarkan surat Kementerian Keuangan Republik Indonesia Nomor S-173/PK Tahun 2022, tanggal 29 September perihal penyampaian rincian alokasi dana transfer ke daerah tahun anggaran 2023, dan berdasarkan surat dari Provinsi Kaltim Nomor 900/11, tanggal 9 November perihal penyesuaian bagi hasil pajak daerah kabupaten kota.

“Artinya ada dua surat, yang semula APBD kita Rp 2,7 triliun. Dengan adanya surat itu kita mendapat dana tambahan yang kurang salur hingga bagi hasil sekitar Rp 874 miliar, sehingga APBD Balikpapan Tahun 2023 menjadi Rp 3,7 triliun,” ucap Wakil Ketua DPRD kepada awak media.

Sementara untuk pandangan umum fraksi menurutnya boleh saja menyampaikan, tetapi tupoksinya adanya nota penjelasan wali kota. Adapun beberapa fraksi telah menyoroti perihal pengerjaan multiyears dan seragam sekolah.

Maka dikatakan bahwa pembiayaan maupun penggunaan semua sudah diatur, artinya semakin banyak kegiatan yang harus dilakukan pemerintah kota.

“Mudah-mudahan dengan APBD 2023, yang tentunya ini tahun ketiga dimasa program RPJMD wali kota, maka bisa lebih fokus dengan program itu, karena dia ada anggaran yang besar,” jelasnya. (Mys/Ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published.