Aski Tawuran Pelajar Disoroti DPRD, Perlu Pengawasan dan Pantauan Orangtua

BALIKPAPAN, Metrokaltim.com – Sempat viralnya aksi tawuran yang dilakukan antar pelajar beberapa waktu lalu di kawasan Balikpapan Barat mendapat tanggapan dari Wakil Ketua Komisi IV DPRD Balikpapan Ardiansyah.

Aksi tawuran yang dilakukan pun menggunakan senjata tajam dan berbagai benda tumpul, hal ini tentu menjadi perhatian semua pihak, baik orangtua, sekolah hingga pelajar sendiri.

“Hal seperti itu, tidak terlepas dari kerjasama orang tua dengan pihak sekolah. Jika cuma satu sisi tidak akan menyelesaikan permasalahan,” ujar Ardiansyah kepada awak media, Selasa (27/9/2022).

Perihal hal itu tentu perlu pantauan dan kontrol dari orangtua mengenai kegiatan anaknya baik di rumah maupun saat berada di sekolah. Serta memantau aktifitas anak-anak ketika berkumpul bersama teman.

Dirinya menyarankan solusi ke pihak sekolah untuk melakukan razia sebelum kegiatan belajar, ini sebagai bentuk antisipasi pelajar yang membawa benda terlarang.

“Dulu razia dilakukan saat upacara, guru melakukan pemeriksaan ke kelas untuk memastikan anak sekolah tidak mebawa benda terlarang,” jelasnya.

Pada intinya perlu kerjasama pihak sekolah dengan orang tua, mengenai pengawasan yang dibarengi dengan pembekalan agama. Apalagi pemahaman agama juga sebagai pondasi terkuat anak- anak yang fokus utamanya dari keluarga.

“Dengan memberikan penerapan kedisiplinan seperti penegakan aturan tidak diperbolehkan keluar lebih dari jam 10 malam,” tegasnya. (Mys/Ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published.