BALIKPAPAN, Metrokaltim.com – Menyambut bulan suci Ramadhan 2023, beberapa instansi di Penajam Paser Utara (PPU) seperti Polres (PPU), Kodim 0913/PPU dan Kejari PPU menggelar bazar Ramadhan. Dengan mengambil tema Belanja UMKM, Berkah Ramadan (BUKBER).

Tema ini diambil untuk membantu masyarakat Benuo Taka dalam menumbuhkan perputaran ekonomi, dan diharapkan dapat memberikan suasana khas Ramadhan.

Kapolres PPU AKBP Hendrik Eka Bahlawan mengatakan, jika pihaknya sengaja memanfaatkan momentum ini untuk menggelar sebuah pusat perekonomian. Pihaknya sadar bahwa keterlibatan UMKM di PPU memiliki potensi untuk mendongkrak perekonomian.

“BUKBER ini kami selenggarakan untuk membuka peluang bagi pelaku UMKM. Karena adanya bazar Ramadan ini, turut memberikan dampak perputaran uang positif di lingkungan masyarakat,” ucap Hendrik kepada awak media, Jumat, (17/3/2023).

Bazar Ramadan ini diadakan di samping Masjid Agung Al-Ikhlas Penajam, Kilometer 9 Nipah-Nipah. Dimulai sejak 22 Maret 2023 selama sebulan penuh.

Dalam bazar sendiri, pihaknya menyediakan 10 tenan untuk berbagai macam produk, mulai dari takjil, minuman sampai busana muslim lokal.

“Kita harus bantu UMKM di PPU. Jadi stand yang kami sediakan gratis. Kami berharap warga yang sedang menjalankan ibadah berpuasa juga dapat terbantu dengan adanya bazar ini,” jelasnya.

Senada, Kejari PPU Agus Chandra menambahkan, adanya kegiatan ini juga dapat memicu iklim investasi yang baik. Dengan begitu dapat mengundang para investor untuk menanamkan modalnya di PPU.

“Kegiatan ini juga salah satu bukti bahwa situasi perekonomian yang sehat. Termasuk menunjukkan potensi berinvestasi di PPU seiring pemindahan IKN (Ibu Kota Nusantara),” tambahnya.

Selain stan UMKM, dalam Bazar Ramadan BUKBER juga terdapat berbagai konten hiburan musik religi dan kajian islami untuk menemani waktu berbuka. Tak hanya itu, penyelenggara juga mengadakan lomba foto Instagram berhadiah uang THR bagi para pengunjung.

Sementara, Dandim Letkol Inf Arfan Affandi menerangkan, selain menyediakan wadah jual-beli untuk masyarakat, momentum ini juga dapat dimanfaatkan untuk berbagi kebaikan terhadap sesama.

“Di bulan yang baik ini, tentu Kita berlomba-lomba melakukan kebaikan. Seperti berbelanja di UMKM lokal, itu juga termasuk berbagi berkah Ramadan,” akunya. (mys/ries)

252

Leave a Reply

Your email address will not be published.