Bersiapsiaga Menghadapi Ancaman Karhutla Akibat Kemarau

NUSANTARA, Metrokaltim.com – Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) bersama Dinas Kehutanan Provinsi Kaltim gelar apel persiapan untuk pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Titik Nol Nusantara, Sabtu (27/05/2023).

Acara ini merupakan langkah awal memastikan sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak, khususnya Pemerintah Provinsi Kaltim dan lintas kementerian/lembaga menghadapi musim kemarau tahun ini.

“Pagi hari ini kami berkumpul untuk melaksanakan apel persiapan pengendalian Karhutla sebagai sebuah langkah awal yang konkrit untuk mengkonsolidasi kekuatan, memperkuat sinergitas, memastikan kolaborasi demi kesiapsiagaan menghadapi ancaman Karhutla,” kata Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam OIKN Myrna A. Safitri dalam sambutannya.

Dalam apel, Deputi Myrna menjelaskan, bahwa pembangunan IKN memerlukan kolaborasi dan sinergi dari berbagai pihak. Ia juga menyampaikan bahwa pembangunan IKN tidak hanya membangun ruang dan teknologi, tetapi juga menjaga kelestarian alam dan memulihkan lingkungan.

Selain itu, ia menegaskan kepada seluruh pihak agar selalu bersiapsiaga menghadapi ancaman karhutla akibat kemarau panjang dan kering tahun ini.

“Kemarau akan datang sebentar lagi, el nino akan terjadi, semuanya tidak boleh kita sepelekan, sekecil apapun tantangan dan ancaman yang ada harus kita persiapkan antisipasinya,” tegasnya

Selanjutnya, dirinya juga mengajak untuk terus bersama-sama memperkuat dan meramaikan kolaborasi ini. Dan diharapkan setelah ini segerakan untuk berkumpul dan menambah kuantitas serta kualitas dalam pengendalian Karhutla di Kaltim dan IKN.

“Sekali lagi kami menyampaikan terima kasih kepada semua, Dinas Kehutanan Kaltim dan segenap jajaran, kepada saudara-saudara dari Masyarakat Peduli Api, Manggala Agni, perwakilan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan semua pihak yang telah bersama-sama menunjukkan komitmen menjalankan tugas,” paparnya.

Lanjutnya, berkat kolaborasi dan sinergi ini dapat berjalan dengan lancar, sehingga dapat melaksanakan kegiatan apel persiapan pencegahan penanggulangan Karhutla yang ada di IKN.

“Ini adalah apel persiapan. Selanjutnya kami akan mengadakan apel siaga yang lebih besar dan lengkap dengan semua pihak dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI, Polri, perusahaan dan masyarakat peduli api,” tambah Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kaltim H. Joko Istanto usai acara.

Mudah-mudahan kerja sama yang baik, dapat terus berjalin dengan baik dan lancar. Dan dapat mewujudkan pembangunan IKN sebagai forest city, sesuai harapan bersama.

Berdasarkan keterangan dari Direktur Pemanfaatan Pengembangan Kehutanan dan Sumber Daya Air OIKN, Pungky Widiaryanto, kolaborasi ini merupakan persiapan menghadapi musim kemarau. Seperti diungkapkan oleh perwakilan BMKG pada rapat sehari sebelumnya (26/5/2023), tahun ini Indonesia akan mengalami kemarau lebih panjang dibandingkan tahun 2022.

“Sekarang sudah masuk musim kemarau, diperlukan langkah persiapan untuk mencegah kejadian kebakaran hutan di IKN. Oleh karena itu, kami perlu berkolaborasi dengan berbagai pihak, salah satunya dengan Dinas Kehutanan Kaltim,” jelas Pungky.

Tambahnya, mewakili OIKN, ia mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Kehutanan Kaltim dan jajarannya atas kolaborasi dan dukungan penuh penyelenggaraan kegiatan pagi ini. Kedepannya, OIKN akan terus menjalin kerja sama melalui patroli bersama dan menyosialisaikan kepada masyarakat.

“Kolaborasi ini akan berjalan terus dan ini menjadi awal untuk kolaborasi ke depannnya, baik pengendalian kebakaran hutan dan lahan maupun pengelolaan hutan IKN secara holistik,” pungkasnya. (*/mys/ries)

243

Leave a Reply

Your email address will not be published.