Cegah Kerumunan di Balikpapan, Satgas Covid-19 Bangun Posko Pengawasan dan Pendisiplinan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Untuk mencegah penyebaran covid-19, Satgas covid-19 kota Balikpapan mengingatkan kembali agar pelaksanaan salat ied dilaksanakan di Masjid atau mushola bukan di lapangan terbuka.

Dan itu sudah disampaikan sesuai arahan Menteri Agama, melalui surat edaran memang ada yang diubah dalam pelaksanakan salat ied. Yang mana salat ied boleh dilaksanakan di Masjid.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Balikpapan, Rizal Effendi menambahkan, tidak terkecuali dengan pusat perbelanjaan di Balikpapan agar memaksimalkan peran Satgas dan mendirikan posko dalam mengatasi kerumunan yang terjadi jelang lebaran.

“Jangan sampai kejadian di Jakarta terjadi di Balikpapan dengan banyaknya pengunjung dipusat perbelanjaan,” ujar Rizal saat pres rilis, Senin (3/5).

Lebih jauh Kepala Satpol PP Zulkifli mengatakan, pembangunan posko ini bertujuan untuk melakukan pengawasan dan pendisiplinan khusus pada bulan suci Ramadhan dan hari raya Idul Fitri 1442. Posko akan berjalan tanggal 4-16 mei 2021 yang melibatkan unsur TNI-Polri, Satpol PP, Dishub, BPBD dan Dinas Kesehatan.

“Nantinya bila ada ditemukan pelanggaran dikawasan yang telah dibangun posko pengawasan tersebut maka langsung ditindak ditempat,” tegas Zulkifli.

Dirinya menerangkan, pihaknya belum membuat keputusan apakah pusat perbelanjaan akan tetap buka atau ditutup selama libur Lebaran. Karena pihaknya masih akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan pihak pengelola pusat perbelanjaan yang ada di Balikpapan.

“Kami belum memutuskan, namun pengalaman di tahun lalu Mall atau pusat perbelanjaan kami tutup selama dua hari, lebih lanjut kami akan berkoordinasi dengan pihak pengelola,” pungkasnya.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *