Cuaca Buruk Pengaruhi Harga Ikan di Pasar Pandansari

Balikpapan, Metrokaltim.com – Cuaca extrime yang belakangan ini melanda Kalimantan Timur (Kaltim) khususnya di wilayah perairan Balikpapan berdampak dengan penghasilan para nelayan. Bagai mana tidak akibat cuaca buruk gelombang tinggi terjadi beberapa hari belakangan ini. Hal itu menyebabkan para nelayan tidak turun ke laut mencari ikan. Secara otomatis pasokan ikan ke pedagang berkurang, sehingga harga ikan di pasaran pun mengalami kenaikan.

Salah satu pedagang ikan di Pasar Pandansari, Balikpapan mengatakan harga ikan sudah mulai naik sejak tiga hari lalu, lantaran pasokan ke pedagang berkurang.

“Sudah tiga hari ini naik harga ikan, gelombang tinggi jadi pasokan berkurang,” ujar pedagang ikan Ibnu Hasim, Minggu (26/9).

Menurut Ibnu, pasokan ikan laut berkurang hampir 50 persen. Karena kurangnya pasokan harga ikan pun naik antara 20 hingga 30 persen perkilogramnya. Meski harga mengalami kenaikan, ia mengaku tak banyak berpengaruh terhadap pembeli. “Mereka ya tetap beli saja, tapi kan stok kita tidak banyak seeperti biasa,” katanya.

Hal senada diungkapan pedagang lainnya, Amirudin menambahkan pasokan ikan semakin sedikit yang dikirim ke pasaran sejak tiga hari lalu. Apalagi dia hanya mengandalkan pasokan ikan dari nelayan di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

“Informasi dari nelayan karena memang gelombang tinggi dan hujan terus,” timpal Amirudin.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *