Dampingi KKN Mahasiswa Unmul, Ditpolairud Polda Kaltim Berikan Materi Tentang Pelestarian Mangrove dan Lingkungan Pesisir

BALIKPAPAN, Metrokaltim.com – Direktorat Polairud Polda Kaltim Ikut andil dalam melestarikan lingkungan Mangrove dan Memajukan Masyarakat yang ada di wiliayah Pesisir dengan mendampingi Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Mahasiswa Angkatan 49 Tahun 2023 Universitas Mulawarman di Manggar Mangrove Lestari Balikpapan Timur, Minggu (23/07/23).

Dua personil Dit Polairud Polda Kaltim yang mendampingi yaitu Bripka Taufik Ismail dan Bripka Purwanto, ini juga sekaligus jadi pemateri dari KKN Universitas Mulawarman dengan materi tema “Memajukan POKDARWIS dan Pengenalan Lingkungan Pesisir dan Mangrove.”

Bripka Taufik salah satu pemateri tersebut memberikan materi tentang pentingnya wilayah pesisir di daerah aliran sungai Manggar dan memberikan pemahaman tentang komunitas mangrove yang tumbuh subur di sekitar DAS MANGGAR. Materi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan mahasiswa mengenai ekosistem pesisir.

Selanjutnya, dilakukan kegiatan penanaman bibit mangrove jenis Rhizophora apiculata sebanyak 50 bibit. Penanaman ini dilakukan sebagai praktek pembelajaran dan menjadi bagian dari upaya nyata dalam menjaga keberlanjutan lingkungan pesisir dan mangrove. Mahasiswa Universitas Mulawarman aktif terlibat dalam kegiatan ini, menggarisbawahi komitmen mereka untuk berkontribusi pada pelestarian lingkungan.

Harapannya, dengan pendampingan KKN dari Ditpolairud Polda Kaltim ini nantinya telah memberikan dampak positif dalam upaya meningkatkan kesadaran lingkungan serta pelestarian ekosistem pesisir. Semoga kolaborasi semacam ini dapat terus ditingkatkan untuk menghadirkan perubahan positif bagi lingkungan dan masyarakat.(*/ Ries).

120

Leave a Reply

Your email address will not be published.