Daniel Abadi Sihotang Pimpin GAMKI Kaltim Bawa Program Terhanyar

SAMARINDA, Metrokaltim.com – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Kaltim resmi dilantik oleh Ketua Umum DPP GAMKI, Sahat Martin Philip Sinurat. Pelantikan dilaksanakan di Ballroom Hotel Midtown Samarinda.

Berdasarkan hasil Tim Formatur Konferda III DPD GAMKI Kaltim pada Agustus 2023 lalu, kepengurusan baru dipimpin oleh Daniel Abadi Sihotang. Dalam konferda itu dirinya secara aklamasi terpilih untuk menahkodai organisasi tersebut di tingkat provinsi.

Daniel menyatakan, langkah awal yang dilakukan adalah melakukan penyusunan program kerja untuk tiga tahun ke depan.

“Tentu kami akan berpatokan pada pokok pikiran yang menjadi garis besar haluan organisasi dalam menyusun program kerja tiga tahunan,”terangnya pada Jumat, (1/12/2023).

Tema GAMKI selama tiga tahun kedepan adalah “Pulihkan Bangsa Kami”. Serta sub tema: “Mewujudkan Kepemimpinan Pemuda Kristen yang Transformatif dan Inovatif”.

Karena itu, ia ingin DPD GAMKI Kaltim akan ikut terlibat dengan pemerintah provinsi (Pemprov) Kaltim dalam upaya membangkitkan perekonomian Bumi Etam pasca pandemi COVID-19.

Selain itu, DPD GAMKI Kaltim juga berkomitmen untuk berperan dalam program pembangunan Indonesia sentris. Mengingat, Ibu Kota Nusantara (IKN) berada di Kaltim.

“Kami DPD GAMKI Kaltim tidak mau hanya jadi penonton, pengamat atau hanya menjadi pengkritik saja. GAMKI harus ikut berperan dalam visi besar ini.”

“Kami siap menjadi pelaku sejarah bersama para pemuda di Indonesia lainnya untuk mencapai Indonesia emas 2045 nanti,” tegasnya.

Langkah awal untuk mewujudkan hal tersebut ialah menyiapkan kader GAMKI yang profesional di bidangnya. Mulai tingkat dasar, madya dan utama. Termasuk membuat badan bentukan GAMKI.

Badan bentukan yang dimaksud adalah lembaga bantuan hukum (LBH), Brigade Serbaguna (Brigsena), lembaga advokasi dan pendidikan pemilu. Juga pusat studi termasuk sekolah perdamaian.

Dalam pemilu nanti, GAMKI juga ingin ikut berpartisipasi mewujudkan pemilu damai, pemilu tanpa polarisasi, pemilu tanpa adanya ujaran kebencian. “Kami akan berkolaborasi dengan organisasi kepemudaan lintas agama lainnya,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Umum DPP GAMKI Sahat Martin Philip Sinurat menambahkan, dari semua DPD GAMKI se-Indonesia, Kaltim salah satu DPD yang paling aktif melakukan tugas pelayanan dan paling kompak.

“Ini tolak ukur dari kepengurusan sebelumnya yang dipimpin Nixon Butarbutar,” ucapnya.

Ia berharap, kepengurusan yang baru ini dapat melakukan hal yang sama seperti periode sebelumnya. Melakukan kerjasama dan kolaborasi tidak hanya di internal DPD. Tapi, kepada seluruh DPC di Kaltim dan organisasi kepemudaan lintas agama.

“Paling utama adalah melibatkan generasi muda. Terkhusus para pemuda yang berada di Kalimantan,”pintanya.

“Sudah seharusnya kita bukan hanya sekedar diskusi saja. Tetapi, sudah bisa menyuarakan dan mencari solusinya. Termasuk meminta yang menjadi hak pemuda di Kaltim,” tegasnya.(*)

129

Leave a Reply

Your email address will not be published.