Desa Loa Duri Ulu Siap Menjadi Penyangga IKN Nusantara Dengan Maksimalkan Sektor Pertanian

KUKAR, Metrokaltim.com – Desa Loa Duri Ulu, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), semakin menunjukkan kesiapannya untuk menjadi penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Hal ini dibuktikan dengan upaya nyata, yang dilakukan oleh pemerintah desa bersama masyarakat dalam mempersiapkan diri dalam berbagai sektor, terutama dalam bidang pertanian.

Sekretaris Desa (Sekdes) Loa Duri Ulu, Dewa Tri Arinda, mengungkapkan, bahwa Desa Loa Duri Ulu telah mempersiapkan diri sejak dini, dengan membekali Kelompok Tani dengan alat pertanian.

“Kami menyiapkan sejak dini, dengan cara membekali kelompok-kelompok tani dengan alat pertanian, dan mengadakan pelatihan,” ucap Sekdes Loa Duri Ulu, Dewa Tri Arinda kepada pewarta pada, Rabu (25/10/2023).

Lanjut dirinya sampaikan, bahwa pihaknya tengah mempersiapkan dan memperdayakan masyarakat, untuk memenuhi kebutuhan pangan di IKN. Lahan yang berada di Desa Loa Duri Ulu Kurang lebih 12 Hektar (H) untuk dimaksimalkan pemanfaatannya.

“Di Desa Loa Duri Ulu ini, kita sudah ada 21 Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) yang sudah terdaftar di aplikasi penyuluh pertanian, dan kami support untuk memaksimalkan lahan pertaniannya,” tambahnya

Selain itu, Pemerintah Desa (Pemdes) menghimbau, kepada masyarakat Desa Sebulu Ulu, untuk tidak menjual tanahnya, tetapi mengelola lahan mereka dengan baik. Hal itu bertujuan, untuk menjaga ketersediaan lahan pertanian.

“Kami dari Pemerintah Desa, menghimbau agar masyarakat tidak menjual tanahnya, tapi bisa dengan cara mengelola lahan mereka,” himbaunya.

(ADV/ Diskominfo Kukar).

137

Leave a Reply

Your email address will not be published.