BALIKPAPAN, Metrokaltim.com – Untuk mengurangi sampah yang masuk di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Manggar hingga 50 persen, Dinas lingkungan Hidup (DLH) kota Balikpapan akan membuat Pusat Daur Ulang (PDU) sebelum masuk ke TPA.

Dalam mendukung beberapa kegiatan di tahun 2024, DLH mengusulkan anggaran sebesar Rp 173 Miliar. Hal ini disampaikan Kepala DLH Balikpapan Sudirman Djayaleksana kepada awak media, Kamis (27/7/2023).

Hal ini diutarakan setelah melakukan pembahasan Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) tahun 2024 di Hotel Novotel Balikpapan, Selasa (26/7/2023) lalu.

“Usulan anggaran tersebut akan digunakan untuk membangun PDU, jadi sebelum masuk ke TPA, PDU nanti akan memproses dan memilah yang akhirnya nanti bisa mendapatkan nilai ekonomis,” ujarnya.

Saat ini sampah organik dan sampah domestik dari rumah tangga diikat plastik, dikemas oleh masyarakat, langsung buang ke TPA. Dengan adanya PDU, diharapkan sampah domestik langsung dapat dipilah.

“Yang plastik masuk plastik, yang kertas dipilah kertas, yang organik nanti jadi kompos. Dengan begitu sampah bisa berkurang sekitar 50 persen. Kemudian dengan pengurangan tadi, masa pakai TPA diharapkan bisa berkurang dan usianya bisa tambah panjang,” akunya.

DLH juga berencana akan menambah 20 container sampah pada tahun 2024 mendatang, karena sebelumnya di tahun 2023, pihaknya sudah menyalurkan sebanyak 32 container. (mys/ries)

193

Leave a Reply

Your email address will not be published.