DPRD Bahas Rangkaian Anggaran Tahun 2023, Untuk Mengevaluasi Anggaran Kedepannya

Balikpapan, Metrokaltim.com – DPRD kota Balikpapan, beberapa hari ini telah melaksanakan rapat dengar pendapat (RDP) tentang rangkaian pembahasan anggaran tahun 2023. Yang mana setiap komisi serentak mengundang mitranya masing-masing.

“Tracing kita adalah mengevaluasi mereka untuk anggaran ke depannya, kita juga pertanyakan bagaimana realisasi anggaran tahun sebelumnya,” ucap Wakil Ketua DPRD Balikpapan Sabaruddin Panrecalle saat ditemui di Hotel Novotel Balikpapan, Rabu (27/7/2022).

Tidak hanya itu, DPRD juga mempertanyakan apakah yang dianggarkan itu sudah melalui kajian yang mendalam dan sudah dianggap efektif atau tidak. Jika hal itu dianggap efektif, maka ia akan melihat kembali anggaran berapa yang diajukan. Namun jika tidak berbanding lurus dengan kinerjanya, maka bisa ditambahkan dan dikurangkan.

“Misalnya jika mereka menganggarkan Rp 1 juta dan dianggap pro kepada masyarakat dan pro layak pada orang banyak dianggap tidak cukup, kita tambahkan anggarannya. Kalau perlu ditingkatkan,” ujarnya.

Begitupun sebaliknya, ketika dewan evaluasi kinerja yang sudah dilaksanakan ternyata tidak berbanding lurus capaiannya, maka tidak bisa di anggarkan lagi tetapi akan dipangkas. Seperti perjalanan dinas dengan para OPD, ketika mereka menganggarkan perjalanan dinasnya, dianggap itu efektif, harus dukung. Jika tidak membawakan hasil akan dipertanyakan, kalau perlu dipangkas anggarannya, karena mereka juga terpagu dengan Bappeda.

“Kami katakan pada Bappeda untuk tidak memagu anggaran itu, dalam tanda kutip (“) silakan anda pagu, tetapi ketika ada OPD yang ingin berimprovisasi dan berinovasi yang pro kepada masyarakat jangan dipagu dan dibatasin, silakan mereka berimprovisasi. Kalau beginikan disamaratakan semuanya dan sudah dipatok,” akunya. (Mys/ Ries).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *