Expose Persiapan MTQ Tingkat Kaltim, Sekaligus Persiapan Menjadi Tuan Rumah Nasional 2024

BALIKPAPAN, Metrokaltim.com – Pemerintah kota (Pemkot) Balikpapan menggelar kegiatan expose persiapan MTQ tingkat Kaltim tahun 2023 di Aula Pemkot, Rabu (3/5/2023). Hal ini dilakukan mengingat Balikpapan sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ.

Kepala Kanwil Kementerian Agama H Abdul Kholiq mengatakan, bahwa pihaknya mendengarkan expose MTQ ke kelompok 4 yang dipaparkan oleh Panitia MTQ Kota Balikpapan selaku tuan rumah.

“Paparan itu terkait dengan kesiapan panitia MTQ mulai dari tempat acaranya hingga teknis dilapangan,” ucap Kholiq sapaan akrabnya kepada awak media usai rapat, Rabu siang.

Ditanya apakah ada evaluasi dari Kanwil. Dirinya menerangkan bahwa tidak ada evaluasi, karena semua persiapan sudah cukup bagus dan sudah siap. Mengingat sebelumnya Balikpapan sudah melaksanakan persiapan MTQ tingkat kota.

“Untuk fasilitas di kota Balikpapan saya rasa sudah cukup bagus, tinggal bagaimana panitia melayani kafilah dari daerah lain merasa nyaman di Balikpapan,” jelasnya.

Lanjutnya, ia berharap setiap tahun MTQ ada peningkatan, apalagi tahun 2024 Kalimantam Timur (Kaltim) menjadi tuan rumah nasional. Sehingga tahun 2023 ini menjadi bahan untuk persiapan ke tingkat nasional.

“Mudah-mudahan tahun ini (2023) ada peningkatan. Kami harapkan Kemenang di kabupaten kota mempersiapkan diri dengan baik, karena materi yang dibawa ini diharapkan tidak membawa peserta dari luar,” jelasnya.

Bahkan dirinya telah membuat tim verifikasi dan pengawas. Maka hari ini (Rabu, red) pemerintah daerah mengekspos pelaksanaan ini untuk persiapan.

Sedangkan syarat peserta luar yang mengikuti MTQ, pertama mereka adalah peserta MTQ di daerahnya yang sudah diseleksi di daerah masing-masing pada tingkat kota maupun kabupaten.

“Tentu ada syarat khusus berupa kelengkapan administrasi. Dan tahun ini kami agak tegas bahwa siapapun yang melakukan kecurangan akan dicoret dari kepesertaan. (mys/ries)

230

Leave a Reply

Your email address will not be published.