Fraksi DPRD Sampaikan Pandangan Terhadap Nota Penjelasan Wali Kota Tentang Penyelenggaraan Kearsipan

Balikpapan, Metrokaltim.com – DPRD Kota Balikpapan menggelar rapat paripurna ke 12 dengan agenda penyampaian pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kota Balikpapan terhadap nota penjelasan wali kota Balikpapan atas rancangan peraturan daerah tentang
Penyelenggaraan kearsipan.

Rapat dipimpin Wakil Ketua DPRD Balikpapan Budiono, yang diikuti 32 anggota DPRD kota di ruang rapat gabungan DPRD Balikpapan, Senin (15/3). Ada enam fraksi DPRD Balikpapan melalui juru bicaranya menyampaikan pandangan fraksi yakni Suryani (fraksi Golkar), Taufik Qul Rahman (fraksi PDIP include PKB), Siswanto Budi Utomo (fraksi Gerindra), Laisah Hamisah (fraksi PKS), Sri Hana (fraksi Demokrat) dan Nurhadi (fraksi Gabungan Nasdem, PPP, Hanura dan Perindo).

Budiono mengatakan, secara umum pandangan fraksi menyetujui adanya Raperda kearsipan ini. Karena ini sangat penting dan diperlukan sebagai pemenuhan undang-undang.

“Contohnya fisik arsip yang disampaikan tanggapan fraksi seperti perencanaan membangun jaringan dan perangkat serta pengelolaanya dari masing -masing SKPD untuk membenahi data-data arsip secara elektronik di masa era teknologi ini. Apalagi saat ini yang ada hanya di perpustakaan,” ucap Budiono.

Dan selanjutnya akan mengagendakan jawaban wali kota, tentunya menunggu dari jadwal persidangan sekaligus penandatanganan tingkat satu.

“Kedepan arsip pemerintahan Kota Balikpapan sebagai bank data,” imbuhnya.

Sementara itu, Taufik Qul Rahman mewakili partai PDI Perjuangan include PKB menyampaikan, arsip sebagai pertahanan pemerintahan Balikpapan dan wajib disimpan.

“Pembangunan kota Balikpapan berada di arsip sebagai pegangan kemajuan pembangunan kota Balikpapan,” terang Taufik.

Disampaikannya, kemajuan arsip sangat luar biasa di kota Balikpapan sehingga bisa meningkatkan kantor kearsipan menjadi kedinasan. Untuk kearsipan diharapakan memegang teguh kemajuan kota Balikpapan yang utama adalah bagaimana caranya merangkul permasalahan yang ada di kota Balikpapan.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *