Gali Lubang, Warga Balikpapan Temukan Bom Udara Peninggalan PD II

Balikpapan, Metrokaltim.com – Unit Jibom Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kaltim mengevakuasi sebuah bom udara di kawasan Jalan Soekarno Hatta, Kilometer 7,5, Balikpapan Utara, beberapa hari lalu. Bahan peledak itu pertama kali ditemukan oleh Suyitono, warga Kilometer 7,5.

Kepada petugas Satbrimob Polda Kaltim, Suyitono menceritakan kronologis penemuan bom tersebut. Awalnya, dia hendak menggali lubang di perkarangan belakang rumahnya. Lubang itu akan digunakan untuk membangun pondasi rumah.

Di saat menggali, Suyitono menemukan sebuah benda keras. Benda tersebut langsung dicurigai Suyitono sebagai bom. Dia lalu melaporkan temuannya itu kepada Polsek Balikpapan Utara. Oleh kepolisian sektor kecamatan, laporan tersebut diteruskan ke Satbrimob Polda Kaltim.

Begitu mendapat laporan, Unit Jibom Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kaltim langsung meluncur ke kawasan tersebut untuk memeriksa benda yang ditemukan Suyitono. Dari hasil pemeriksaan inilah, benda tersebut dipastikan bahan peledak.

“Jenisnya bom udara, panjangnya 40 sentimeter. Dipastikan ini bom sisa perang dunia ke dua,” ungkap Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol John Huntal Sarjananto Sitanggang.

Setelah diperiksa, Unit Jibom mengevakuasi bom udara itu ke tempat yang lebih aman. Hal ini dilakukan agar benda tersebut tidak mengancam keselamatan jiwa. “Pelaksanaan evakuasi temuan bom dilakukan oleh operator Jibom,” ucap John.

Dengan adanya temuan ini, perwira melati tiga di pundak itu mengimbau, agar warga yang menemukan benda mencurigakan segera melaporkan ke pihak berwajib. Nantinya, aparat keamanan yang akan menindaklanjuti temuan tersebut.

“Masyarakat yang menemukan tidak boleh memegang dan memindahkan barang tersebut,” tandas Dansat Brimob.

(tya/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *