Ganjar Pranowo Berkunjung ke Mangrove Center Graha Indah

Balikpapan, Metrokaltim.com – Seluruh Gubernur se-Indonesia mengikuti jadwal kegiatan berkemah dengan Presiden Joko Widodo di titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, salah satunya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Sebelum kegiatan, Ganjar Pranowo menyempatkan diri untuk berkunjung ke Mangrove Center Graha Indah, yang berada di RT 14 Kelurahan Graha Indah, Balikpapan Utara (Balut), Minggu (13/3/2022). Sekaligus menghadiri kegiatan silaturahmi, yang diselenggarakan oleh Keluarga Alumni Universitas Gajah Mada (KAGAMA) Cabang Balikpapan.

Sebagai Ketua Umum KAGAMA Pusat Ganjar Pranowo memberikan dukungan atas program KAGAMA Kerja Nyata (KKN) untuk mewujudkan desa inklusif se-Kalimantan raya, yang kick off-nya di Mangrove Center Graha Indah.

“Dari Mangrove Center Balikpapan ini, kita sudah berhasil mereduksi emisi karbon perharinya sebanyak 40 ton,” ucap Ganjar dalam sambutan.

Selanjutnya, ia menikmati wisata hutan mangrove center dan menyusuri sungai dengan menggunakan perahu mesin.

Ganjar memberikan apresiasi untuk Mangrove Center Graha Indah, meskipun masih terlihat sampah diarea mangrove. Dirinya juga memberikan saran agar ada pengelola sampah diarea ini.

“Artinya harus ada orang yang selalu membersihkan, sehingga jika ada wisatawan datang naik perahu, bisa dibuatkan sistem sambil wisata sambil memungut sampah,” saat memberikan arahannya.

Ganjar mengangumi wisata mangrove center ini, sambil menunjuk pohon mangrove yang menjulang tinggi berusia sekitar 20 tahun dengan biota yang disajikan sungguh luar biasa.

“Ini patut ditiru dan di contoh untuk diterapkan di Jawa Tengah, serasa di tengah hutan,” akunya.

(Mys/ Ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published.