Gelar Jumat Curhat, Ditbinmas Polda Kaltim Tampung Aspirasi Warga Taman Bukit Sari Kel. Graha Indah

BALIKPAPAN, Metrokaltim.com – Dalam upaya mempererat tali silaturahmi dan memfasilitasi dialog antara masyarakat dan pihak kepolisian, Ditbinmas Polda Kaltim menggelar Program “Jumat Curhat Kapolda Kaltim” di Taman Bukit Sari Kel. Graha Indah Kec. Balikpapan Utara, Jumat (22/9/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Wadir Binmas Polda Kaltim AKBP Roy Satya Putra, S.I.K., M.H., Kasubdit Indaksi Ditreskrimsus Polda Kaltim, Kasubdit Regident Ditlantas Polda Kaltim, Kasubdit Gakkum Ditpolair Polda Kaltim, Kabbag Wassidik Ditreskrimum Polda Kaltim, perwakilan Ditpamobvit Polda Kaltim, Perwakilan Ketua RT, warga dan tokoh masyarakat Kel. Graha Indah.

Dalam sambutannya, Wadir Binmas Polda Kaltim mengharapkan “Jum’at Curhat” bukan hanya menjadi wadah bagi masyarakat untuk berbicara, tetapi juga menjadi platform bagi aparat kepolisian untuk mendengarkan aspirasi, kebutuhan, serta keprihatinan masyarakat secara lebih mendalam.

Di samping itu, kegiatan ini juga menggambarkan kolaborasi antara polisi dan masyarakat dalam menjaga ketertiban dan keamanan, sambil memperkuat sinergi yang erat guna mengatasi berbagai permasalahan yang ada, tutupnya.

Terdapat pula salah satu warga Taman Sari yang hadir dalam jumat curhat tersebut bertanya perihal tindak pidana penipuan yang sering terjadi di masyarakat. “Bagaimana tips-tips agar kami bisa aman dalam menangani hal tersebut dan tidak tertipu ?” tanya Ibu Wasilah RT. 28.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Wadir Binmas Polda Kaltim AKBP Roy Satya Putra, S.I.K., M.H., menjawab apabila penipuan melalui HP, agar di blokir saja dan tidak usah di klik atau mengikuti perintah di pesan tersebut atau tidak usah dilayani. Selanjutnya, segera konsultasikan dan datang ke Polda atau Polresta apabila sudah ada yang transfer serta sudah merasa tertipu dengan mengirimkan bukti transfer atau bukti lainnya.

“Kita harus bijak dalam menggunakan HP, kalau tidak kenal tidak usah di gubris atau hiraukan saja. Antisipasi jika ada penipuan lewat HP dan sudah di tekan, HP langsung di restart dan HP di matikan dan kartu di cabut dan tunggu beberapa detik baru dipasang kembali dan di nyalakan dan pilih pengaturan ulang utk kembali ke setingan awal. Apabila ada aplikasi perbankan di HP, segera koordinasi dengan perbankan agar segera di blokir apabila terjadi kasus HP Ter hack oleh orang yang tidak dikenal,” Himbau AKBP Roy Satya Putra, S.I.K., M.H.

Salah satu tokoh masyarakat yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan Jumat Curhat ini. Ia berharap kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan sebagai wadah untuk saling bertukar informasi, menyampaikan aspirasi, dan mencari solusi bersama terhadap permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.

Kegiatan Jumat Curhat ini berhasil menciptakan kedekatan antara aparat kepolisian dengan tokoh-tokoh masyarakat, dan masyarakat umum. Dalam acara ini juga terlihat adanya kesadaran bersama untuk mempererat hubungan dan membangun kerjasama yang baik dalam menangani keluhan dan masalah masyarakat di Desa Tengin Baru, ucap AKBP Roy Satya Putra. (*/ Ries).

73

Leave a Reply

Your email address will not be published.