Gelar Paripurna, DPRD dan Wali Kota Setujui KUA PPAS Tahun 2022

Balikpapan, Metrokaltim.com – DPRD kota Balikpapan gelar rapat paripurna dengan Pemerintah kota Balikpapan perihal penandatangan berita acara persetujuan bersama Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Pelapon Anggaran Sementara (KUA PPAS) Tahun Anggaran 2022, dan penandatanganan persetujuan bersama kegiatan tahun jamak (multiyers) antara wali kota dan DPRD Balikpapan, yang digelar di ruang rapat gabungan DPRD, Jumat (27/8).

Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh menjelaskan, penetapan KUA PPAS 2022 belum final, tetapi hanya pendapatan daerah dan belum dimasukan unsur lainnya seperti Dana Alokasi Khusus (DAK), Bantuan Keuangan (Bankue) dari Provinsi maupun Pusat yang nilainya belum turun.

Dijelaskannya, untuk nilai APBD 2022 belum bisa dipastikan karena DAK dan Bankue belum masuk, sehingga KUA PPAS 2022 diangka 2,1 triliun.

“Artinya nilai APBD 2022 belum bisa kami sampaikan,” ucap Abdulloh usai rapat paripurna.

Tidak hanya itu, pihaknya juga menyampaikan kesepakatan DPRD Balikpapan bersama wali kota mengenai pengerjaan tahun jamak yang akan dilaksanakan mulai di 2022 dan 2023.

Sementara ada tiga proyek multiyears yang akan dikerjakan pemerintah setelah pemangkasan, seperti proyek penanganan banjir di Daerah Aliran Sungai (DAS) Ampal sebesar Rp 150 miliar, RSUD Sayang Ibu di Balikpapan Barat Rp 162 miliar dan pembangunan sekolah di Balikpapan Barat dan Selatan sebesar Rp 91 miliar.

Terkait dengan pembiayaan BPJS Kesehatan gratis bagi kelas 3 mandiri, akan di mulai September-Desember 2021 dan akan terus dilaksanakan selama wali kota Balikpapan memimpin.

“Pembiayaan ini menggunakan anggaran APBD Perubahan 2021 yang akan segera kita paripurnakan,” ungkapnya.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *