Hasil Evaluasi Gubernur, RAPBD-P 2022 Disepakati Menjadi Perda APBD-P 2022

BALIKPAPAN, Metrokaltim.com – DPRD kota Balikpapan menggelar rapat paripurna dengan Pemerintah kota (Pemkot) Balikpapan dengan agenda, pengumuman penetapan Raperda tahun 2022 dari hasil evaluasi gubernur dan penyampaian nota penjelasan wali kota atas raperda tentang APBD 2023.

Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh menjelaskan, pembahasan ini mengenai kesepakatan APBD Perubahan Tahun 2022 dari hasil evaluasi Gubernur Kaltim. Yang mana sebelumnya disepakati dari Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) APBD-P 2022 menjadi Peraturan Daerah (Perda) APBD-P 2022.

“Maka tidak ada alasan lagi semua dinas terkait untuk tidak menjalankan programnya di APBD-P 2022,” ucap Abdulloh usai Rapat Paripurna, Selasa (4/10/2022).

Dikatakannya, karena ini terkait dengan penyerapan APBD yang berarti adalah kepentingan rakyat lebih diutamakan, sehingga proses penyerapan APBD ini segera dilaksanakan dan terselesaikan. Dan ini pesan untuk para OPD-OPD.

“Semoga tidak ada alasan lagi, setelah ditetapkan dari RAPBD menjadi APBD Perubahan 2022, segera semua action untuk jalankan program kegiatannya,” terangnya.

Sedangkan untuk OPD yang tidak mencapai target, sudah pasti ada di evaluasi kualitasnya. karena semestinya mereka sudah running sebelum penetapan APBD. Mengingat secara administrasi sudah kerjakan semua, sehingga saat penetapan sudah bisa langsung.

Lalu kedua dilanjutkan dengan paripurna perihal nota penjelasan wali kota Balikpapan untuk APBD 2023. Dan pembahasan KUA PPAS sudah dilalui bersama pemerinah daerah, TAPD dan Banggar DPRD Balikpapan sudah terselesaikan.

“Tinggal tahapannya, yang mana wali kota sudah menjelaskan isi dari pembahasan ini tentang rancangan APBD 2023, dilanjutkan mengenai tanggapan fraksi hingga menunggu hasil evaluasi gubernur. Sama halnya dengan pembahasan di APBD perubahan 2022 ini,” tuturnya. (Mys/Ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published.