Hasil Sidak, Pemkot Meminta Pihak Hero Agar Melampirkan Sesuai Isinya

BALIKPAPAN, Metrokaltim.com – Usia melakukan sidak ke pasar tradisional, Pemerintah kota (Pemkot) Balikpapan yang dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) kota Balikpapan Muhamin bersama jajaran Forkopimda kembali melakukan sidak di Rentail Modern (Hero), Kamis (6/4/2023).

Sekda menjelaskan, bahwa ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dari pihak Hero, seperti konsinyasi. Meliputi daftar harga yang ada dibelakang kemasan parcel.

“Tadi sudah dicek oleh kepala dinas kesehatan dan BPOM, ditemukan bahwa ada daftar harga yang tertera dengan isi parcel kadaluwarsanya tidak sesuai, bahkan ada selisih satu tahun,” ucapnya kepada awak media, usai sidak.

Tidak hanya itu, pihaknya juga menemukan tidak adanya daftar isi dalam parcel yang dibuat pihak hero. Ia pun minta agar dilampirkan sesuai isinya, agar orang tidak tertipu dengan apa yang dibelinya.

“Karena kalau dibawa pulang lalu isinya berbeda sampai kadaluwarsanya otomatis pembeli akan komplain,” jelasnya.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada pihak hero yang telah memfasilitasi produk UMKM, baik di parcel maupun yang dijual. Namun sangat disayangkan, karena banyak produk UMKM yang mendekati kadaluwarsa, ada yang bulan Mei dan Juni 2023 nanti.

Sehingga dari Dinkes dan BPOM serta Dinas perdagangan mengimbau pihak hero untuk mempertanyakan kepastian waktu kadaluwasa. Dan mekanismenya, mulai dari pemusnahan dan bagaimana kompromi antara pemilik dan pihak hero.

“Tadi katanya ada kesepakatan, kadang-kadang kalau didapati barang yang akan diretur, dan sudah expaire, akan disaksaikan bersama untuk dimusnahkan. Dan diharapkan itu berlaku,” terangnya.

Ia mengingatkan semua pihak untuk tidak melakukan kecurangan dengan hanya menukar kemasan dan waktunya, tentu itu sangat berbahaya. (mys/ries)

263

Leave a Reply

Your email address will not be published.