Kasus Covid-19 di Samarinda Turun Signifikan, Andi Harun: Jurus Baru Kampung Tangguh

Samarinda, Metrokaltim.com – Program Kampung Tangguh hang digagas Wali Kota Samarinda, Andi Harun menjadi gebrakan baru dalam menurunkan angka positif covid-19 di Kota Tepian.

Hal ini terbukti dari data yang dirilis Dinas Kesehatan Kota Samarinda dalam sepekan terakhir kasus Covid-19 di Samarinda turun secara signifikan. Total pasien sembuh dari Covid-19 dalam sepekan terakuir sebanyak 479 orang. Angka tersebut lebih tinggi dibanding angka kasus positif yang hanya 305 dalam sepekan terakhir.

Wali Kota Samarinda, Andi Harun mengatakan Kampung Tangguh ini menjadi jurus baru yang dirancang bersama jajarannya di Pemkot Samarinda. Terbukti dalam sepekan terakhir kasus sembuh semakin masiv. Seperti pada Rabu (24/3) pasien sembuh bertambah 69 orang, sementara kasus terkonfirmasi posiif baru sebanyak 42 kasus.

“Kesadaran dan partisipasi masyarakat Samarinda semakin meningkat. Samarinda sehat ekonomi pulih,” terang Andi Harun.

Dari rilis Dinkes Samarinda hari ini lanjut orang nomor satu di Kota Tepian, dari 10 kecamatan yang sebelumnya zona merah, saat ini mulai berangsur-angsur membaik.

Diketahui ada dua kecamatan zona kuning. Empat kecamatan masuk zona orange, dan empat kecamatan lainnya masih berada di zona merah.

“Jika dilihat sebelumnya infografis seluruh kecamatan zona merah, sekarang sudah ada kecamatan yang masuk zona kuning dan orange,” bebernya.

Dia menyakini Program Kampung Tangguh ini terbuki nyata dalam menekan kasus Covid-19, dia pun berharap ini dapat mampu menumbuhkan atmosfer ekonomi di Kota Tepian.

Andi Harun berharap berbagai pihak dapat mengambil peran dalam pemulihan kondisi serta pemulihan ekonomi di masyarakat.

“Amanat Bapak Presiden lakukan perceparan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi. Saya laksanakan dengan sebaik-baiknya bersama TNI-Polri di Samarinda sampai level RT,” pungkasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Samarinda, Ismed Kusasih, dalam rilis resminya mengungkap, dua kecamatan zona kuning, yakni Samarinda Seberang dan Sambutan.

“Samarinda Seberang dan Sambutan sudah zona kuning pasien aktif di Samarinda,” papar Ismed.

Sementara empat kecamatan menunjukan penurunan kasus, dan saat ini berada di zona orange yakni Kecamatan Samarinda Kota, Samarinda Ilir, Loa Janan Ilir, dan Palaran.

“Empat kecamatan masih zona merah, yaitu Sungai Kunjang, Sungai Pinang, Samarinda Ulu, dan Samarinda Utara,” tandasnya.

(adv/mk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *