Kilang Pertamina Unit Balikpapan Safari Ramadhan Ke Masjid Al Wustho

BALIKPAPAN, Metrokaltim.com – Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan melaksanakan Safari Ramadhan ke masjid-masjid sekitar ring 1 perusahaan. Kali ini rombongan mengunjungi salah satu masjid paling tua di Balikpapan yaitu Masjid Jami Al Wustho, (Sabtu, 25/03)

Ketua Umum Masjid Jami Al Wustho Muhammad Akram pada kesempatan ini menyampaikan terima kasihnya atas bantuan yang selama ini diberikan oleh PT KPI Unit Balikpapan. “Saya atas nama pengurus Masjid Jami Al Wusto mengucapkan ribuan terima kasih atas bantuan selama ini dari Pertamina RU V kepada Masjid Jami Al Wustho,” ucap Akram.

Akram juga menunjukkan bagian-bagian masjid yang saat ini memerlukan bantuan. “Seiring perkembangan, Masjid Al Wustho saat ini sedang berbenah diri. Terutama peremajaan bangunan tahap pertama yang kami lakukan adalah renovasi bagian tampak depan. Selanjutnya kami juga akan memugar bangunan-bangunan yang sudah tua yang perlu diganti dan diperbaiki. Kami membuka selebar-lebarnya bantuan apapun yang dapat diberikan oleh Pertamina RU V,” jelas Akram.

Akram dan seluruh jema’at Masjid Al Wustho mendoakan Pertamina mendapat keselamatan, dan berharap silaturahmi dengan warga dapat terus terjalin, “Semoga PT Pertamina tetap dijaga dan diberi keselamatan oleh Allah S.W.T. dan tetap jaya. Semoga tali silaturahmi ini terus terjalin,” harap Akram.

General Manager PT KPI Unit Balikapapan Arafat Bayu Nugroho menjelaskan maksud dan tujuan Safari Ramadhan ini adalah untuk bersilaturahmi dan melaksanakan kewajiban perusahaan, “Maksud dan tujuan kami ada dua. Pertama kami ingin membangun silaturahmi, kita paham nilai strategis Masjid Al Wustho ini termasuk masjid tertua di Balikpapan,” kata Bayu.

Kemudian Bayu melanjutkan bahwa pembinaan spiritual warga ring 1 juga merupakan kewajiban PT KPI Unit Balikpapan. “Masjid ini terletak di ring 1 Kilang Pertamina RU V. Kita melihat bahwa adalah kewajiban bagi Pertamina RU V untuk memastikan pembinaan spiritual di masyarakat ring 1 tetap terjaga melalui masjid-masjid yang ada di sekitar ring 1,” lanjut Bayu.

Bayu juga menjelaskan bahwa kontribusi warga di sekitar ring 1 sangat menentukan dalam hal memastikan operasional kilang terjaga dengan baik, “Dengan silaturahmi ini mudah-mudahan hubungan baik yang selama ini terbangun antara warga ring 1 dengan Pertamina RU V ini tetap terjaga. Bahwa kontribusi warga di sekitar ring 1 itu sangat menentukan dalam hal memastikan operasional kilang tetap terjaga dengan baik.” jelas Bayu.

Pada kesempatan ini, Bayu meminta warga segera melapor ke perusahaan jika menemukan masalah yang berasal dari dalam kilang. “Jika ada keluhan-keluhan masalah bau dan masalah lain yang mungkin dilihat pertama kali oleh warga, segera bisa dilaporkan ke kami, untuk bisa kita lakukan penanganan segera. Sehingga tidak tereskalasi,” jelas Bayu.

Bayu juga mengajak warga untuk sama-sama menjaga lingkungan, agar tercipta situasi yang kondusif. “Sebagaimana yang tertulis di surat Ali Imran kita ingin mengambil peran dalam bulan penuh rahmat ini, kita sama-sama mengambil peran lebih dalam hal mensyiarkan agama Islam. Semoga dengan itu akan terbangun masyarat madani yang ada di lingkungan Kota Balikpapan pada umumnya, terutama yang berada di sekitar Kilang Pertamina RU V Balikapapan. Sama-sama kita kawal kita jaga lingkungan kita. Mudah-mudahan tidak ada aral melintang, sehingga terbangun suasana yang kondusif,” tutup Bayu.(*/ Ries).

134

Leave a Reply

Your email address will not be published.