Metro Kaltim

KM Santika Nusantara Terbakar Penumpang Panik

MetroKaltim.com, BALIKPAPAN – Kapal feri KM Santika Nusantara terbakar saat berlayar dari pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya dengan tujuan pelabuhan Semayang, Balikpapan, pada Kamis (22/08) sore, sekitar pukul 17.30 WITA. Posisi kapal saat terjadi kebakaran masih berada di perairan Masalembu.

Dayat, salah satu kerabat penumpang mendapatkan laporan dari kerabatnya yang menjadi salah satu penumpang kapal feri yang terbakar. Komunikasi dengan kerabat sekitar jam 21.00 malam, setelah itu hilang kontak, ucapnya

Namun informasi yang di terima terakhir oleh warga Balikpapan ini, jika semua penumpang yang berada di KM Sartika Nusantara berhasil di evakuasi,” Alhamdulillah selamat semua”ungkapannya.

Selaku kepala Cabang PT Jembatan Nusantara Balikpapan, Anto Mei Suryono saat di konfirmasi membenarkan jika KM Santika Nusantara terbakar. Saat ini evakuasi kepada penumpang dan kapal telah di lakukan dan kembali menuju ke pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

“Informasinya saya dapat tadi malam, bahwa KM Santika Nusantara terbakar yang berangkat dari pelabuhan Tanjung Perak, menuju Pelabuhan Semayang Balikpapan”, terang Anto.

Kebakaran yang terjadi sendiri, di duga kuat berasal dari salah satu kendaraan truk di dalam kapal, hanya saja Anto belum bisa memastikan truk tersebut bermuatan apa.

“Asal api dari kendaraan jenis truk di dalam kapal, namun belum bisa pastikan muatanya apa, saat ini di kapal fokus untuk pemadaman api, karena terdapat beberapa titik,” bebernya.

Sebanyak 111 jiwa penumpang dan 44 anak buah kapal (ABK) harus dievakuasi menggunakan skoci, serta kapal nelayan yang kebetulan melintas. Para penumpang tersebut dibawa ke pulau Masalembu.

“111 penumpang dan 44 ABK sudah berhasil dievakuasi menggunakan skoci dan kapal nelayan ke Masalembu,” ungkapnya.

Berdasarkan manivest penumpang belum ada data warga Balikpapan, hanya saja terdapat seseorang yang melaporkan kejadian ini dari kota Samarinda.

Untuk memberikan informasi terbaru,
Pihak PT Jembatan Nusantara telah berkordinasi dengan KSOP Balikpapan untuk membuka posko di kantor PT Jembatan Nusantara, yang berlokasi di kawasan Kelandasan, Balikpapan Kota.

“Tadi saya sudah berkordinasi dengan KSOP soal posko, sebaiknya dikantor sini aja,” pungkansya. (Mk-2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *