Kodam VI/Mlw Siap Amankan Kunjungan Presiden RI ke Kaltim

BALIKPAPAN, Metrokaltim.com – Komando Daerah Milter VI/Mulawarman melaksanakan Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP gabungan dari TNI, Polri, dan instansi terkait di Pemrov Kaltim, dalam rangka kunjungan Presiden RI Ir, H Joko Widodo di sejumlah lokasi di Kaltim dengan sesuai dengan Kepres Nomor 25 Tahun 2022 tentang pokok-pokok pengamanan fisik terhadap Presiden dan Wakil Presiden dan wujud pengamanan VVIP.

“Gelar pasukan dalam rangka pengamanan VVIP kunjungan Presiden RI di Kaltim, dilakukan untuk mengecek sejauh mana tingkat kesiapan,” ujar Danrem 091/ASN Brigjen TNI Dendi Suryadi saat memimpin apel di Kodam VI/Mulawarman, Selasa (21/2/2023).

Sejumlah hal yang di siapkan antara lain Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, satuan tugas baik secara organisasi maupun personal, jumlah materiil yang dibutuhkan, alat dan perlengkapan, serta sarana pendukung lain yang akan digunakan dalam tugas pengamanan.

“Pengamanan VVIP kunjungan Presiden harus disiapkan dengan baik, mulai dari kesiapan satuan tugas hingga kesiapan masing-masing Subkomandan,” ucapnya.

Apel dihadiri oleh unsur pejabat TNI dan Polri serta instansi terkait di wilayah Balikpapan dan sekitarnya, kemudian dari tim pendukung lain, termasuk dari Paspampres yang saat apel dilengkapi dengan kendaraan dan alat kelengkapan Pengamanan VVIP.

Danrem 091/ASN yang juga sebagai Dansatgaspamwil dalam kunjungan Presiden RI ke Kaltim ini harus berjalan aman, tertib, dan lancar.

“Hal ini untuk memberikan gambaran kepada Presiden RI tentang kondisi wilayah Kaltim, khususnya di Balikpapan dalam keadaan kondusif, aman, dan terkendali,” imbuhnya. (*/mys/ries)

153

Leave a Reply

Your email address will not be published.