Komisi III DPRD PPU Minta Pemkab Optimalkan Fungsi Aset

PENAJAM, Metrokaltim.com – Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Jhon Kenedi meminta pemerintah daerah mengoptimalkan keberadaan aset daerah. Salah satunya videotron.
Tiga unit videotron milik pemerintah daerah, saat ini dalam kondisi rusak. Tidak berfungsinya media promosi tersebut, lantaran adanya kerusakan piranti. Padahal, keberadaan videotron diproyeksikan menambah nilai pendapatan asli daerah (PAD).
“Tujuan awal pengadaan videotron itukan jelas, untuk menambah (PAD). Tetapi dalam pelaksanaanya masih stag seperti itu,” ucap Jhon, Jumat (30/3/2023).
Sejak dibangun hingga saat ini, aset pemerintah daerah itu belum sekalipun menghasilkan PAD. Rusaknya perangkat di dalam videotron menyebabkan aset tersebut tidak berfungsi sama sekali alias mangkrak.
Tiga Videotron yang dibangun tersebar di tiga titik, yakni depan Stadion Panglima Sentik, Pasar Petung dan Waru. Ketiga videotron dibangun dengan anggaran Rp 5,2 miliar pada tahun 2015.
“Kalau belum mampu menghasilkan PAD, ya setidaknya bisa dipakai untuk ajang promosi daerah. Apalagi ini dibangun dengan dana miliaran rupiah,” ujar Politisi Demokrat ini.
Kerusakan aset pemerintah daerah tersebut sudah lama terjadi. layar panel dengan teknologi lampu LED yang mampu menampilkan video, gambar, chart juga diagram itu sebanyak tiga unit saat ini mengalami kerusakan.
Selain mengalami kerusakan, biaya listrik untuk mengoperasikan videotron dinilai tidak sedikit, di kisaran Rp 45 juta. Tingginya biaya perbaikan dan operasional, dinilai membuat Pemkab belum mengalokasikan anggaran untuk mengoperasikan videotron. (Adv).

156

Leave a Reply

Your email address will not be published.