KPI Unit Balikpapan Gandeng 59 Komunitas Dalam Kegiatan Bersih Pantai

BALIKPAPAN, Metrokaltim.com – Kota Balikpapan memiliki keunikan. Beberapa bagian Kota memiliki garis pantai yang merupakan daerah pesisir Teluk Balikpapan. Daerah pesisir inipun umumnya merupakan daerah pemukiman penduduk. Oleh karena itu, kebersihan pantai menjadi hal yang sangat penting. Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan akan melaksanakan kegiatan bersih pantai.

“Kami berencana akan melaksanakan kegiatan bersih-bersih pantai bersama beberapa komunitas yang ada di Balikpapan,” kata General Manager (GM) PT KPI Unit Balikpapan Arafat Bayu Nugroho (Selasa, 06/06). Koordinasi pelaksanaan kegiatan juga telah dilaksanakan untuk mempersiapkan pelaksanaan kegiatan sebaik mungkin. Persiapan-persiapan ini mengundang para komunitas untuk berdikusi dan merencanakan kegiatan.

Keikutsertaan komunitas dalam kegiatan ini juga bersifat sukarela. “Kami mengundang komunitas-komunitas di Balikpapan melalui pengumuman lisan, dan ternyata antusias yang ditunjukkan sangat luar biasa. Dari catatan kami, terdapat 59 komunitas yang telah menyatakan siap untuk ikut berpartisipasi melaksanakan kegiatan bersih-bersih pantai,” kata Bayu.

Kegiatan bersih-bersih pantai direncakanan akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 10 Juni yang akan datang. Rencana pelaksanaan kegiatan akan dilaksanakan di garis pantai sepanjang sekitar 10.000 meter.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung dan meningkatkan kesadaran masyarakat global, khususnya masyarakat Balikpapan dalam menjaga dan melindungi lingkungan hidup, kampanye budaya green life style dan berinovasi dalam mengatasi masalah lingkungan hidup,” jelas Bayu.

Bayu juga mengatakan bahwa kegiatan ini juga mendapat dukungan penuh dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, terutama Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan.

Bayu juga menyampaikan bahwa keterlibatan banyak komunitas dalam pelaksanaan kegiatan bersih-bersih pantai menunjukkan bahwa banyak pihak yang peduli pada kebersihan lingkungan.

“Keterlibatan banyak komunitas pada kegiatan bersih-bersih pantai ini menunjukkan bahwa sebenarnya banyak pihak yang peduli pada kebersihan lingkungan. Kepedulian ini perlu kita wujudkan dalam sebuah aksi besar bersama-sama melakukan upaya pembersihan pantai,” kata Bayu.

Dia juga menyampaikan harapannya agar kegiatan tersebut nanti dapat berjalan dengan baik. “Semoga komitmen komunitas-komunitas yang nantinya akan bergabung dalam kegiatan bersih-bersih pantai tidak ada kendala. Ini juga menjadi salah satu bentuk kepedulian kita bersama terhadap Kota Balikpapan,” tutup Bayu. ( */ Ries).

220

Leave a Reply

Your email address will not be published.