Metro Kaltim

KPU Balikpapan, Perekrutan KPPS Penuh Kehati-hatian

Balikpapan, Metrokaltim.com – Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) kota Balikpapan dalam melakukan perekrutan petugas KPPS harus penuh kehati-hatian, sehingga pemilu dapat berjalan dengan baik. Hal tersebut di sampaikan ketua KPU Noor Thoha pada Kamis (9/01) di ruangannya.

Tugas dan peran kelompok Penyelenggara Peran petugas kelompok Penyelenggara pemugutan suara (KPPS) dalam pemilihan umum (Pemilu) merupakan bagian yang sangat penting.

Peran petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam Pemilihan Umum (Pemilu) merupakan bagian yang sangat penting, dimana KPPS merupakan nyawa dalam setiap penyelenggaraan pemilu serta tugas-tugas yang sangat vital dari KPPS tersebut.

“Maka dari itu, dalam perekrutan petugas KPPS perlu kehati-hatian sehingga dalam proses pemungutan suara dapat berjalan dengan baik,” ujar Ketua KPU Balikpapan.

Menurut dirinya, dalam perekrutan petugas KPPS tidak sembarang harus memilih, karena ada ketentuan dan peraturan yang harus dijalankan.

“Tugas KPPS sangat penting dan strategis, jadi harus benar-benar memperhatikan dalam perekrutan nantinya,” tegas Thoha.

Lanjut Thoha, petugas KPPS harus netral dan tidak boleh berafiliasi dengan salah satu pasangan calon bahkan partai politik. Kalau ada indikasi tersebut, harus diganti, petugas KPPS harus netral,” jelasThoha.

Selain itu juga, petugas KPPS harus paham dengan tugas sebagai anggota KPPS, sejak persiapan, pelaksanaan dan membuat rekapitulasi suara harus clear, hingga mengantar surat suara, kemudian petugas KPPS harus memiliki integritas.

(Idris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *