Masalah Tapal Batas, Anggota DPRD Kaltim Dorong Segera Diselesaikan

Samarinda, Metrokaltim.com – Anggota Komisi I DPRD Kaltim, Masykur Sarmian menyebut masih ada sejumlah daerah yang belum memiliki kepastian atau kejelasan perihal tapal batas. Lantaran menyangkut kedaulatan sebuah daerah hal tersebut harus dituntaskan oleh Pemprov Kaltim.

Apalagi saat ini Kaltim telah ditunjuk sebagai Ibu Kota Negara (IKN) baru, Masykur menyampaikan bahwa masalah tapal batas harus diperjelas lebih lanjut. Salah satunya seperti tapal batas antar daerah yang berbatasan langsung dengan pusat lokasi pembangunan IKN.

“Persoalan tapal batas ini harus segera diselesaikan. Jangan sampai Kaltim yang damai dan aman, diberikan penghormatan mendapat tempat sebagai IKN, justru di kemudian hari muncul masalah karena batas wilayah belum jelas,” terang anggota dewan Karang Paci ini.

Masykur memberikan salah satu contoh tapal batas yang harus ada kejelasan yakni wilayah Kutai Kartanegara (Kukar) dan Kutai Barat (Kubar). Dengan adanya kejelasan perihal tapal batas daerah akan berpengaruh ke sektor ekonomi, politik, dan keamanan di tiap daerah.

“Harapannya soal tapal batas tidak lama selesai antara Kukar dan Kubar, tidak ada masalah. Saya kira itu yang paling penting. Seperti wilayah Bongan (Kubar) dengan Muara Muntai Kukar, ini harus selesai,” pungkasnya.

Politisi dari Fraksi PKS ini menambahkan, secara bertahap DPRD Kaltim ingin segera menuntaskan masalah tapal batas antar daerah. Sebab infrastruktur di wilayah IKN akan segera dibangun dalam waktu dekat.

(adv/mk/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *