Masih Terkendala, Masyarakat Bisa Langsung ke Kantor BPJS Kesehatan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Wali kota Balikpapan Rahmad Mas’ud memiliki visi misi untuk mensejahterakan masyarakat, salah satunya program BPJS Kesehatan Gratis kelas III Mandiri, yang telah berjalan sejak Oktober-Desember 2021 mendatang.

Pemkot dan DPRD Balikpapan sepakat untuk mengalokasikan anggaran sebesar Rp 18 miliar di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2021, dan diperkuatnya dengan Peraturan Wali Kota (Perwali) nomor 26 tahun 2021.

Namun program tersebut tidak berjalan secara maksimal, lantaran masih banyak masyarakat yang mengeluh, karena harus membayar iuran. Tetapi jika tidak diindahkan, pemberitahuan itu juga memperingatkan ada denda hingga ancaman pemutusan manfaat dari BPJS Kesehatan.

“Hal itu diduga terjadi karena beberapa sebab. Bisa kartu itu nonaktif atau dinonaktifkan karena ada tunggakan. Itu harus diverifikasi ke BPJS,” ucap Kepala Dinas Sosial Purnomo, Selasa (19/10) siang.

Menurutnya, per 1 Oktober lalu secara otomatis iuran BPJS gratis sudah tersistem dan bisa dinikmati peserta kelas 3 sesuai persyaratan, seperti Penerima Bantuan Iuran (PBI), Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) dan peserta Bukan Pekerja (BP).

Tetapi ada beberapa kendala lain, seperti pendaftar baru kelas 3 atau imigrasi dari semula pekerja yang dibiayai perusahaan dirubah menjadi mandiri. Ada juga terkendala masuk di BPJS Kesehatan karena ganda identik atau ganda semantik.

“Yang mandiri harus berimigrasi dulu, tidak langsung otomatis dan hanya PBI dan penerima upah yang otomatis. Harus ke BPJS menonaktifkan kepesertaan mandirinya karena dia dibayar oleh perusahaan,” paparnya.

Dirinya mengimbau masyarakat yang masih terkendala dan belum mendapatkan manfaat dari program BPJS gratis, bisa langsung mendatangi kantor BPJS kesehatan. Berbeda dengan peserta yang belum masuk sebagai peserta BPJS kelas III.

“Yang kita verifikasi itu yang baru masuk, perubahan dan non aktif. Jika ingin mengurus, bisa ke kelurahan,” ungkapnya.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published.