Meningkatkan Kemampuan Wartawan, PWI Balikpapan Gelar Pelatihan Public Speaking

BALIKPAPAN, Metrokaltim.com – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Balikpapan menggelar pelatihan public speaking bagi wartawan Balikpapan. Kegiatan dilaksanakan di Aula Rumah Jabatan Wakil Wali Kota Balikpapan, Jumat (8/12/2023).

Debi, selaku Ketua PWI Kota Balikpapan membuka secara resmi kegiatan ini dengan dihadiri puluhan wartawan yang ada di Balikpapan.

Dalam kesempatannya, Debi menyampaikan
terima kasih kepada Pemkot Balikpapan dan sponsorship seperti Petamina Parta Niaga, Kilang Pertamina Internasional, Pertamina Gas, Kideco Jaya Agung, Pertamina Hulu Mahakam dan Angkasa Pura Balikpapan yang telah membantu pelaksanaan kegiatan ini.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kemampuan wartawan.

Dengan mengusung tema “Tingkatkan Kepercayaan Diri Awak Media Jurnalis Dalam Berkomunikasi Secara Efektif”, kemampuan wartawan dapat ditingkatkan bisa percaya diri dalam menjalankan tugas jurnalistik.

Karena kemampuan public speaking sangat penting untuk dikuasai semua orang. Termasuk wartawan.

“Saya berharap melalui kegiatan kemampuan wartawan di Balikpapan ditingkatkan, terutama dalam berkomunikasi secara efektif dalam menjalankan tugas jurnalistik,” ujarnya.

Dalam kegiatan pelatihan ini diisi oleh Sani Al Gajali sebagai narasumber yang membawakan materi public speaking.

Sani mengatakan, kemampuan public speaking cukup bermanfaat bagi wartawan. Apalagi mereka bertemu dan berinteraksi langsung dengan narasumber.

Otomatis perlu tutur kata yang sesuai tata bahasa dan mudah dimengerti. Apalagi kota minyak bakal menjadi penyangga Ibu Kota Nusantara. Maka para wartawan juga perlu meng-upgrade kemampuan berbicara mereka.

“Rekan wartawan kan selama ini sudah baik mengolah kata. Nah tambah lagi pandai mengolah tutur kata. Apa gak tambah plus kualitasnya,” tambahnya. (*/mys/ries)

85

Leave a Reply

Your email address will not be published.