Normalisasi Drainase Capai 200 Meter, Melalui Anggaran Dana Kelurahan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Tiga RT di Kelurahan Marga Sari, Balikpapan Barat melaksanakan kegiatan fisik yang menggunakan dana kelurahan (Dankel) tahun 2020, sejak Minggu (15/11) lalu.

Ketiga RT tersebut yakni RT 16, 19, dan 28. Lurah Marga Sari Ride menjelaskan, tiga RT yang mendapatkan dana kelurahan melakukan kegiatan berupa kegiatan normalisasi saluran drainase.

Dalam normalisasi, pihaknya melibatkan 60 warga di RT sekitar untuk melaksanakan kegiatan tersebut. 60 warga yang ada dibagi menjadi 2 tim, mengingat lokasi normalisasi cukup panjang yaitu sekitar 218 meter.

“Belum lagi untuk pengerjaan, pihaknya menargetkan bisa selesai selama sebulan ke depan,” ucap Ride.

Normalisasi drainase dilakukan oleh warga dari tiga RT di Keluraham Marga Sari, Balikpapan Barat.

Ditambah lagi, jika dana kelurahan ini menggunakan sistem padat karya, yang mana padat karya ini agar bisa memperkerjakan warga yang tidak bekerja, karena pandemi covid-19.

Tidak hanya itu, tetapi sebelum adanya normalisasi, masih banyak bangunan warga yang berada di atas drainase. Hanya saja warga sangat mensupport kegiatan dengan melakukan pembongkaran secara suka rela.

Bahkan saat itu, kami mengimbau warga, setelah normalisasi ini tidak ada lagi bangunan-bangunan liar yang berada atas drainase.

“Apalagi lagi ini merupakan fasilitas umum untuk kepentingan bersama dalam mengatasi persoalan banjir yang ada di wilayah ini,” jelasnya.

Ia menjelaskan, mengapa dana kelurahan di fokuskan untuk normalisasi, karena melihat saluran drainase ini tidak lagi terlihat, tetapi yang ada hanya sedimen dan sampah. “Maka itu perlu normalisasi yang cukup ekstra untuk membuat saluran mengalir lancar,” pungkasnya.

(mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *