Pelaku Pencurian 1 Unit Grandmax di Semayang Berhasil Diamankan

BALIKPAPAN, Metrokaltim.com – Usai menurunkan mobil dari ekspedisi di kawasan Pelabuhan Semayang Balikpapan, satu unit mobil Daihatsu Grandmax hilang dibawa orang tak dikenal, pada 8 Maret 2023.

Berdasarkan informasi yang diterima, kendaraan dikirim dari Jakarta sebanyak 20 unit melalui ekspedisi. Namun baru diturunkan 7 unit, saat sisanya dicek kembali ternyata berkurang satu unit.

“Setelah dilakukan pengecekan CCTV oleh PT Pelindo, terlihat bahwa 1 unit itu dibawa orang tidak dikenal keluar dari Pelabuhan Semayang,” kata Kapolsek Semayang Kompol Adi Andhika saat pres rilis beberapa hari lalu di Mako Polresta Balikpapan.

Dari hasil penyelidikan, pihaknya berhasil mengamankan tersangka berinisial M (40) di daerah Samarinda. Beserta barang buktinya berupa satu plat nomor palsu No Pol DA 8725 BK, satu pasang sandal, 1 unit mobil Grandmax dan 1 tas ransel.

“Awalnya pelaku berniat untuk bekerja di Muara Angke, Jakarta. Tiba di pelabuhan pelaku melihat adanya bongkar muat mobil yang kuncinya menempel. Langsung diambil sama pelaku,” imbuhnya.

Dirinya menerangkan, pelaku membawa mobil curian dari Pelabuhan Semayang ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan melalui Jalan Soekarno Hatta Km 38 Sepaku.

Pelaku ke Banjarmasin berencana untuk mencarikan pembeli, namun tidak mendapatkan pembeli. Pelaku juga mampir membuat plat nomor palsu untuk digunakan.

“Plat palsu digunakan pelaku dari Banjarmasin ke Samarinda. Dari hasil koordinasi Reskrim Polsek Semayang dan Subdit Jatanras Polda Kaltim bersama Opsnal Samarinda, pelaku akhirnya di tangkap di Samarinda,” paparnya.

Atas perbuatannya pelaku dikenakan Pasal 363 Ayat (3e) jo Pasal 362 KUHP. (mys/ries)

156

Leave a Reply

Your email address will not be published.