Pendistribusian Daging Kurban Diserahkan Pada Masing-Masing Ketua RT

Balikpapan, Metrokaltim.com – Dalam pelaksanaan kegiatan pemotongan hewan kurban dalam masa pandemi covid-19, Kelurahan Sumber Rejo, Balikpapan Tengah melaksanakan monitoring wilayah untuk memastikan protokol kesehatannya tetap dijalankan. Hal ini sebagai upaya mencegah penyebaran covid-19 yang pada akhir-akhir ini alami peningkatan.

Lurah Sumber Rejo Umar Adi menjelaskan, secara garis besar, dalam edaran telah mengatur pelaksanaan mitigasi atau meminimalisasi risiko kegiatan kurban di tempat penjualan hewan kurban, tempat pemotongan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH).

Dalam pelaksanaan ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu kesehatan hewan dan distribusi daging hewan kurban kepada mustahiq. Tidak lupa tetap menerapkan protokol kesehatan dengan 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilisasi serta interaksi secara langsung.

“Kebijakan tersebut bertujuan agar pelaksanaan pemotongan hewan kurban dapat berlangsung aman dengan mempertimbangkan pencegahan dan memutus rantai covid-19,” ucap Umar Adi usai monitoring lapangan, Selasa (20/7).

Lurah Sumber Rejo Umar Adi, saat monitoring pemotongan hewan kurban.

Dan untuk pendistribusian daging kurban, pihak panitia memberikan kepada masing-masing RT, dan RT yang nanti akan mendistribusikan ke warganya. Dan Alhamdulillah semua menerapkan prokes dengan ketat, karena tidak diperkenankan ada kerumunan, hanya petugas pemotongan saja yang ada di tempat.

“Kami juga mengimbau agar seluruh elemen masyarakat dengan penuh rasa tanggung jawab dapat patuh dan taat terhadap kebijakan PPKM dalam rangka penanganan dan pengendalian wabah covid-19 di Balikpapan,” ujar Umar.

Salah satu Ketua Panitia Masjid Takbiyah Muh Huda Abdunavi menambahkan, untuk pendistribusian hewan kurban di masjid ini pihak panitia bekerjasama dengan ketua RT setempat, yang mana daging ini akan diambil masing-masing RT untuk dibagikan kepada warganya sendiri. Hal ini untuk mencegah terjadinya kerumunan masa.

“Tetapi ada sebagian warga yang berada di sekitar masjid, mengambil langsung ke sini dengan tetap menjalankan Prokes,” tambah Huda panggilan akrabnya.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *