Perihal Masalah Air PDAM, Suwanto Rencana Gelar RDP

BALIKPAPAN, Metrokaltim.com – Sulitnya mendapatkan air bersih masih menjadi keluhan masyarakat. Bahkan saat serap aspirasi anggota DPRD Balikpapan, rata-rata semua mengeluhkan masalah air bersih.

Melihat banyaknya keluhan itu, tentu ini menjadi pertimbangan anggota DPRD Balikpapan untuk meminta kejelasan langsung dari pihak Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Hal ini disampaikan oleh Ketua Komisi II DPRD Balikpapan Suwanto.

“Jadi PDAM belakangan ini memang banyak pelanggan yang tidak bisa dilayani, terutama pemasangan baru,” ucap Suwanto saat ditemui awak media, Senin (14/11/2022).

Ia berharap, dengan direksi yang baru PDAM harus mampu menjalankan tugas yang sudah dipercaya wali kota Balikpapan. Sehingga permasalahan di masyarakat bisa berkurang, namun sampai hari ini banyak permasalahan di PDAM mengenai air yang mati, kerusakan dan sebagainya.

“Iya itu karena banyak pipa yang sudah berumur dari 30 tahun, maka itu perlu adanya langkah-langkah yang diambil untuk mengatasi masalah itu,” jelasnya.

Sementara untuk pemasangan sambungan baru air PDAM khususnya Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), sangat dinantikan masyarakat bertahun-tahun, tetapi sampai saat ini belum terealisasi.

“Bahkan PDAM selalu beralasan karena air baku yang tidak ada, seharusnya PDAM bisa cari solusinya jangan hanya berbicara bahan baku tidak ada,” tambahnya.

Perihal pemasangan MBR, untuk saat ini Sambungan Rumah (SR) yang merupakan sambungan pipa distribusi PDAM menuju meteran pipa rumah tangga mendapat pembiayaan dari bantuan pemerintah. Berbeda tahun lalu, warga yang mendapat MBR harus mengangsur.

“Jadi kita harapkan sesuai RPJMD wali kota Balikpapan 80 persen harus bisa terpenuhi, tapi sampai saat ini memang belum ada data berapa titik yang dikeluhkan warga,” terangnya.

Ditanya terkait data-data warga yang mengajukan MBR, diakui jika sampai saat ini belum menerima data yang diberikan pihak PDAM kepada DPRD Balikpapan

“Untuk tuntaskan masalah air bersih, pihaknya akan memanggil kembali pihak PDAM dan OPD terkait dalam RDP bersama Komisi II DPRD Kota Balikpapan,” ungkapnya. (Mys/Ries)

5

Leave a Reply

Your email address will not be published.