Persilakan Klinik Mengajukan, KPU Akan Rapid Test 13.500 Petugas KPPS dan Linmas

Balikpapan, Metrokaltim.com – KPU Kota Balikpapan membuka rekrutmen KPPS. Sebelum bertugas nanti, KPPS ini akan terlebih dahulu di-rapid test. Jumlah total KPPS menyesuaikan jumlah TPS yakni 1500. Jika ditambahkan dengan jumlah linmas total ada sekira 13.500 petugas.

“Petugas-petugas ini nantinya harus mengikuti rapid test. Setelah diterima, mereka ikut rapid test dan kami yang melaksanakan,” kata Thoha, Kamis (8/10).

Oleh karena itu, KPU membutuhkan banyak klinik untuk bisa melaksanakan rapid test bagi lebih dari 13 ribuan orang tersebut.

“Untuk melaksanakan rapid bagi segitu banyak orang dalam waktu agak singkat kan harus melibatkan banyak klinik. Maka, bagi klinik yang belum mengajukan tawaran ke KPU silakan saja,” ujar Thoha.

Sejauh ini klinik yang sudah mengajukan antara lain klinik Prodia, Lentera, Khatulistiwa dan sekira dua klinik lainnya. Jumlah ini dianggap masih kurang, karena klinik yang dibutuhkan cukup banyak.

“Makin banyak makin bagus, karena akan kita bagi. Kan ada 34 kelurahan, kalau per satu kelurahan satu klinik saja, butuh 34,” ungkap Thoha.

Sebelumnya sempat dilakukan rapid test penyelenggara ad hoc, yang mana per kecamatan hanya satu klinik. Menurutnya untuk KPPS ini dibutuhkan lebih banyak klinik karena ada lebih banyak orang yang direkrut.

(ftm/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *