Pertamina Gelar Sosialisasi dan Simulasi Penanggulangan Kebakaran untuk Siswa Sekolah Dasar

BALIKPAPAN, Metrokaltim.com – Memasuki musim kemarau dengan potensi bencana kebakaran yang cukup tinggi, PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan melalui Integrated Terminal (IT) Balikpapan melakukan sosialisasi dan simulasi penanggulangan kebakaran kepada siswa Sekolah Dasar (SD) Patra Dharma 1 Balikpapan, pada Senin (18/09) yang lalu.

Kegiatan ini diikuti oleh siswa SD Patra Dharma 1 kelas 4,5, dan 6 dengan total 428 siswa serta dewan guru yang ikut mendampingi. Dalam penyampaian materi, narasumber dari Pertamina menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh anak anak serta diiringi dengan video pendukung.

Kegiatan sosialisasi dan simulasi penanggulangan kebakaran ini terbagi menjadi 2 sesi, yakni sesi pertama terkait pengetahuan umum terkait cara terbentuknya api, Alat Pemadam Api Ringan (APAR), serta cara untuk melakukan pencegahan agar tidak terbentuk api. Dan sesi kedua melakukan praktik secara langsung dengan menggunakan APAR dan juga menutup menggunakan kain basah.

Catur Yogi Prasetyo selaku Spv. HSSE PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan yang bertugas di Integrated Terminal Balikpapan menyampaikan, “Sosialisasi dan simulasi ini sangat penting, mengingat api dan potensi kebakaran selalu berada di sekitar kita. Tahapan-tahapan yang dilakukan hari ini diharapkan mampu menambah pengetahuan bagi siswa SD Patra Dharma 1,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala sekolah SD Patra Dharma 1 Balikpapan, Sudjito, menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada PT Pertamina Patra Niaga atas sosialisasi dan simulasi penaggulangan kebakaran yang diberikan.

“Dengan adanya kegiatan ini dapat bermanfaat bagi anak anak dan memberikan pengalaman yang berharga bagi mereka kedepannya. Untuk itu kami memberikan apresiasi kepada Pertamina Patra Niaga,” ujarnya

Salah satu siswa yang antusias dalam mengikuti kegiatan ini, Keiko mengungkapkan bahwa momen ini merupakan hal yang sangat jarang. “Hari ini saya senang sekali bisa mengikuti kegiatan sosialisasi dan simulasi penanggulangan kebakaran, karena saya bisa mencoba secara langsung untuk memadamkan api menggunakan alat pemadam api ringan,” ucapnya.

Dengan adanya pelatihan ini, siswa SD Patra Dharma 1 tetap dihimbau untuk tidak mencoba dirumah, karena hal ini berbahaya dan harus didampingi. “Saat ini para siswa dan siswi sudah mengetahui cara memadamkan api, namun tidak untuk dicoba dirumah. Karena pelatihan ini dimaksudkan sebagai bentuk pembelajaran dan langkah antisipasi yang dapat dilakukan apabila berada di kondisi yang berbahaya,” tutur Jr. Spv. Fire & Safety, Nico Ferianzo.

Sementara dijumpai di lokasi berbeda, Area Manager Comm, Rel & CSR Patra Niaga Regional Kalimantan, Arya Yusa Dwicandra,mengungkapkan kegiatan sosialisasi dan simulasi penanggulangan bencana kebakaran merupakan hal yang bermanfaat bagi sekolah dalam upaya mencegah dan meminimalisis risiko dampak adanya bencana kebakaran khususnya bagi lingkungan di sekitar siswa/i.

“Pertamina senantiasa mendorong masyarakat terutama sekolah untuk selalu waspada dan tanggap terhadap potensi bencana kebakaran yang mungkin saja terjadi dimanapun dan kapanpun . Salah satunya melalui kegiatan sosialisasi dan simulasi penaggulangan bencana kebakaran,” ujar Arya.

Kegiatan sosialisasi dan simulasi penanggulangan bencana kebakaran ini sejalan dengan target Pertamina dalam kontribusi SDGs Kota Balikpapan pada pilar Pembangunan Nasional ke-11 yaitu menjadikan kota dan pemukiman inklusif, aman, tangguh dan berkelanjutan. (*/ Ries).

99

Leave a Reply

Your email address will not be published.