PLN Pastikan Suplai Listrik Andal Tanpa Kedip, Selama Kunjungan Presiden ke IKN

Balikpapan, Metrokaltim.com – Menyambut kunjungan Presiden Republik Indonesia ke Balikpapan dan Ibu kota Baru pada 13-15 Maret 2022, PLN memastikan bahwa suplai listrik andal dan aman.

Diketahui kunjungan Presiden bersama Ketua MPR, Ketua DPR, jajaran Menteri dan Gubernur dari seluruh Indonesia guna menghadiri acara penyatuan tanah dan air dari belahan Nusantara dan dirangkai dengan kemah/bermalam di IKN.

Untuk memastikan kelancaran perhelatan tersebut, PLN telah bergerak cepat mempersiapkan infrastruktur kelistrikan di lokasi-lokasi yang akan dikunjungi rombongan Presiden dan menerapkan SOP khusus guna memastikan suplai listrik andal tanpa kedip.

“Kami siapkan listrik yang andal melalui penyulang utama, dan skema backup menggunakan UPS yang disebar pada 6 titik siaga kunjungan Presiden Joko Widodo,” kata Saleh Siswanto, General Manager PLN UIW Kaltimra saat meninjau lokasi siaga Titik Nol IKN, Jumat (11/3/2022).

Lokasi siaga seperti yang dimaksud oleh Saleh meliputi Bandara Sepinggan, Kawasan Hotel Novotel, Titik Nol IKN, Lokasi Perkemahan Presiden, SDN 04 Sepaku, dan Persemaian Mentawir.

Pastikan jaminan listrik aman selamat kunjungan Presiden Jokowi.

Pada beberapa lokasi yang belum tersedia jaringan listrik, PLN telah bergerak cepat melakukan pembangunan jaringan tegangan menengah (JTM) demi keandalan suplai listrik di sana.

“Di lokasi perkemahan dan Titik Nol IKN, kami telah melakukan pembangunan jaringan sepanjang 3.4 kms agar suplai listrik menjadi lebih andal,” tambah Saleh.

Untuk mengantisipasi terjadinya padam emergency akibat force majuere, Saleh mengatakan bahwa serangkaian SOP khusus telah ditetapkan dengan memaksimalkan otomatisasi jaringan (acos) melalui backup UPS untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk yang bisa terjadi.

“Kami juga siagakan tim agar apabila terjadi gangguan yang sifatnya emergency, tim dapat segera bergerak dengan tanggap untuk mengatasinya. Namun, kita sama-sama berharap kondisi kelistrikan aman dan handal selama kunjungan Presiden ini, juga untuk seterusnya,” harap Saleh.

Diketahui bahwa lokasi siaga kunjungan Presiden disuplai oleh Sistem Kelistrikan Interkoneksi Mahakam dengan daya mampu 972 MW dan beban puncak 472 MW. Sehingga dipastikan bahwa suplai listrik aman.

Dengan kondisi kelistrikan yang surplus, Saleh mengatakan bahwa PLN sangat siap melayani pelanggan-pelanggan baru, baik rumah tangga, bisnis, maupun industri. Begitu pula dengan pasokan listrik untuk calon ibukota baru (IKN) yang dikonsepkan akan mengusung tema “green, economic, and beautiful”. Dimana listrik untuk IKN akan menggunakan energi yang ramah lingkungan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *