PPKM Darurat, Masuk Kota Balikpapan Ini Yang Harus Disiapkan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Kota Balikpapan yang terus mengalami kenaikan jumlah terkonfirmasi positif covid-19 membuat Pemerintah Kota Balikpapan DNA Forkopimda mengambil langkah untuk menekan penyebaran Covid-19.

Salah satu langkah yang di ambil adalah, dengan melakukan pengetatan sejumlah pintu masuk ke Balikpapan. Hal tersebut di sampaikan langsung oleh Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi saat memberikan amanat pada peserta apel gabungan Operasi Kontijensi Aman Nusa II di halaman Polresta Balikpapan.

Ada beberapa pintu masuk Balikpapan seperti Lamaru, Kilo meter 17, pelabuhan speed ITCI, pelabuhan Semayang dan pelabuhan Kariangau. Petugas akan memeriksa setiap orang yang masuk dengan menanyakan hasil swab antigen dan sertifikasi vaksin. Jika tidak memiliki maka akan di larang masuk Balikpapan sementara waktu.

” Harus bisa menunjukkan dua syarat yang di minta, hal ini untuk menekan laju penyebaran Covid-19 di Balikpapan,” jelasnya.

Untuk kendaraan sendiri ada yang kecualikan bisa masuk Balikpapan, seperti truk sembako, petugas medis, gugus tugas covid-19,petugas BPBD, PMI, jasa antar jemput makanan,pelayan pengadilan PLN, Telkom, angkutan uang kartal, keperluan berobat, mengurus keluarga sakit atau meninggal,penyaluran BBM dan TNI-Polri.

KBP Turmudi menambahkan, untuk toko juga ada yang wajib tutup dan boleh beraktivitas sama halnya dengan warung atau rumah makan, hanya saja tetap pada jam yang telah di tentukan hingga pukul ,17.00 WITA dan ,22.00 untuk makanan yang di bawa pulang atau take awal.

Selain melakukan pengetatan di jalan dan pintu masuk Balikpapan, petugas juga melakukan patroli malam guna mengimbau masyarakat agar tetap mematuhi Protokol Kesehatan dan tidak berkerumun.

Kapolresta Balikpapan berharap, agar masyarakat dapat membantu pemerintah kota dalam hal penanggulangan covid 19 sehingga bisa hilang dari Balikpapan dengan cara patuhi Protokol Kesehatan, cukup di rumah saja jika tidak ada hal yang mendesak.

(ries).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *