PPU Tidak ada Pilkada, Kelompok Tani Makmur Sepaku Komitmen Dukung Pilkada 2020 di Kaltim Damai

Penajam, Metrokaltim.com – Kendati wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) tidak melangsungkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 namun masyarakat setempat berkomitmen untuk tetap menjaga kondusifitas.

Melihat demografi Kabupaten PPU yang berbatasan langsung dengan Kota Balikpapan, Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Paser sehingga imbas Pilkada bisa dirasakan oleh masyarakat PPU.

Komitmen untuk menjaga kondusifitas seperti dilakukan oleh Kelompok Tani Makmur Desa Sukaraja, Sepaku Kabupaten PPU di mana lokasinya tepat dikawasan Ibu Kota Negara (IKN) yang baru.

Ketua Kelompok Tani Makmur, Puryanto mengaku bahwa suasana Pilkada di 9 Kabupaten dan Kota di Kaltim akan berpengaruh pada masyarakat PPU. Di mana wilayah tersebut sudah ditetapkan sebagai IKN yang baru oleh Presiden RI Joko Widodo.

“Tentu kami sangat berkomitmen untuk menjaga kondusifitas di wilayah PPU khususnya di Sepaku ini. Kami bersama kelompok tani di sini sudah bersepakat mendukung pelaksanaan Pilkada di Kaltim yang aman, damai dan sejuk,”ungkap Puryanto.

Dia juga menjelaskan bahwa pelaksanaan Pilkada yang kondusif dapat menghasilkan pemimpin yang baik.”Tentu sebaliknya ketika pelaksanaan penuh dengan money politik dan terjadi kekacauan maka akan berpengaruh negatif dengan hasil yang dicapai, imbasnya masyarakat yang kena,”tuturnya.

Puryanto juga menambahkan bahwa Kelompok Tani yang dipimpinnya sepakat untuk menolak paham radikalisme yang dapat memecahbelah keutuhan bangsa.”Itu penting sekali apalagi jelang Pilkada, paham-paham radikalisme juga harus diwaspadai kami menentang dengan tegas paham radikalisme,”tandasnya.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published.