Proyek RS Korpri Kaltim,Wakil Ketua DPRD Samarinda Ingatkan Dampak Lingkungan

Samarinda, Metrokaltim.com – Wakil Ketua DPRD Samarinda Samri Saputra mengingatkan Proyek pembangunan Rumah Sakit (RS) Korpri Kalimantan Timur, di Jalan Wahid Hasyim II agar memperhatikan dampak lingkungan.

Samri sapaannya mengatakan, dalam membangun gedung, Pemprov Kaltim wajib memperhatikan dampak lingkungan ayng terjadi. Sebab saat ini di tingkat pemerintah kota tengah gencar mengatasi problem banjir yang kian parah.

Saat ini , Pemerintah Kota Samarinda sedang menggalakkan program penanganan penanggulangan banjir.  Dengan begitu, pembangunan di Samarinda saat ini harus benar – benar berwawasan lingkungan.

“Jangan sampai hanya membuat drainase namun tidak merancang arah air mengalirnay ke mana mengalirnya air ketika hujan turun , ini mesti diperhatikan. Pembangunan harus berwawasan lingkungan,” ucap Samri, Rabu (6/10/2021). 

Lanjut Samri, harusnya Pemprov Kaltim Kaltim, mengkaji ulang rencana RS Korpri itu. Apakah bangunan tersebut menimbulkan masalah baru ke depan atau tidak. 

“Kalau hasil kajiannya tidak menimbulkan masalah banjir ya silahkan. Tapi saya khawatir nanti banyak rumah yang tenggelam. Jadi perhatikan drainase dan koneksi airnya kemana,” ucapnya.

Masalah banjir di Samarinda menjadi momok yang menakutkan bagi warga. Hal itu lantaran masyarakat terdampak banjir mengalami kerugian selama ini. 

“Saya pikir walaupun pemerintah membuat surga atau jembatan emas disitu, tapi kalau warga teta terkena banjir ya tetap aja warga tidak senang, saya yakin itu,” ungkapnya. 

Kendati demikian, dirinya memberi apresiasi atas upaya Pemprov Kaltim menyediakan fasilitas kesehatan untuk masyarakat. Namun diperlukan pengawasan dari berbagai pihak.

“Rencananya bagus memberikan fasilitas kesehatan untuk masyarakat, namun  kalau menimbulkan masalah baru pemprov juga harus memperhatikan itu, jangan sampai menimbulkan masalah baru,” pungkasnya

(adv/mk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *