PT Interport Opening Penebaran Bibit Kepiting Soka, pada Kube Sumber Bahagia-1 Kariangau

Balikpapan, Metrokaltim.com – Dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat di tahun 2021, PT Interport Mandiri Utama melalui program CSR Interport menggelar kegiatan pembukaan usaha Kepiting Soka orientasi ekspor oleh Kube Sumber Bahagia-1 Kariangau.

Kegiatan dilaksanakan di Kampung Nelayan Berdasi, Kelurahan Kariangau, Balikpapan Barat, Rabu (17/11) pagi. Pembukaan dilakukan dengan serah terima Kepiting Soka kepada perwakilan Kelompok nelayan.

Penanggung Jawab Program CSR PT Interport Mandiri Utama Wiyanto mengatakan, bahwa hari ini (17/11) pihaknya melakukan opening penebaran bibit Kepiting Soka kepada Kube Sumber Bahagia-1 di Kelurahan Kariangau.

“Untuk jumlah pertama yang diberikan ada 200 kg bibit Kepiting Soka. Namun untuk total keseluruhan sampai akhir tahun 2021 sekitar 400 kg,” ucap Wiyanto usai menyerahkan secara simbolis, Rabu (17/11).

Wiyanto menjelaskan, ini merupakan wujud kepedulian tanggung jawab sosial dari PT Interport Mandiri Utama di Kariangau, kepada nelayan yang ada di pesisir, khususnya di RT 3 Kariangau.

Penebaran bibit kepiting asoka di Kampung Nelayan Berdasi RT 3 Kariangau.

“Harapannya mudah-mudahan kedepannya pihaknya bisa kembali mensupport, dan bisa meningkatkan volume usaha yang ada di sini (Kube Kariangau),” terangnya.

“Kita berharap kegiatan ini bisa terus berlanjut, dan tidak menutup kemungkinan untuk teman-teman perusahaan lain yang ingin berpartisipasi dalam mendukung kegiatan seperti ini,” jelas Wiyanto.

Ketua Kube Sumber Bahagia-1 Kariangau Rusli menambahkan, selaku nelayan ia mengucapkan terima kasih, karena sudah disupport dalam bentuk infrastruktur termasuk modal awal kerja untuk kelompok nelayan.

Dengan hadirnya PT Interport dalam rangka pengembangan hasil produksi budidaya Soka. Ia berharap kerjasama antara nelayan dengan PT Interport bisa mendapatkan hasil sesuai dengan apa yang diharapkan.

“Harapannya untuk orientasi pasar ekspor, khusus untuk budidaya kepiting soka,” tambah Rusli.

Sementara itu, Lurah Kariangau M Iskandar sangat menyambut baik apa yang sudah digagas PT Interport dalam melakukan kolaborasi dalam melakukan budidaya kepiting Soka.

“Namun yang menjadi kendalanya adalah pasokan bibitnya,” keluh Iskandar.

Oleh karena itu kita harus menentukan strategi untuk selalu mendapatkan bibit kepiting demi menjamin ketersedian kepiting soka.

Sekali lagi dirinya mengucapkan terima kasih atas penebaran pertama kepiting Soka oleh Sumber Bahagia-1 Kariangau, dan semoga berkelanjutan.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *