Puncak Penanaman Mangrove Nasional Pangdam VI Mlw dan Kapolda Kaltim Tanam Bibit Mangrove di Pantai Lamaru

BALIKPAPAN, Metrokaltim. com – Dalam rangka puncak penanam manggrove nasional tahun 2023, jajaran TNI – Polri Di Kalimantan Timur melakukan aksi penanaman bibit mangrove secara serentak di kawasan sungai Aji Raden Lamaru Balikpapan Timur (15/5/2023).

Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tribudi Utomo mengatakan, sesuai arahan bapak presiden agar manggrove nya tetap tumbuh dan terawat dengan baik maka kami bersama dengan polair dan lanal akan bersama sama melakukan pengecekan setiap minggunya agar mangrove yang ditanam bisa hidup.

Ia juga mengatakan dalam waktu dekat bersama sama dengan badan manggrove, Kodam VI Mulawarman bersama dengan Kapolda juga akan melakukan penanaman kembali manggrove di titik yang kosong.

“kami bersama pak Kapolda tadi berpikir untuk melakukan penanaman kembali manggrove dititik titik yang kosong”, ujarnya

Ditempat yang sama Kapolda Kaltim Irjen. Pol. Drs. Imam Sugianto, M.Si. mengatakan bahwa Tanaman mangrove memiliki berbagai manfaat dan peran yang amat krusial bagi keberlanjutan lingkungan.

Hutan mangrove diyakini bermanfaat menstabilkan garis pantai, mengurangi erosi dari gelombang badai, arus ombak dan pasang surut.

” Sistem akar mangrove yang rumit juga membuat hutan ini menarik bagi ikan dan organisme lain yang mencari makanan dan berlindung dari predator. Topografi wilayah pesisir Balikpapan yang sebagian berbatasan langsung dengan garis pantai yang cukup panjang, inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa Penanaman mangrove menjadi salah satu hal yang cukup signifikan untuk menjaga supaya terhindar dari bahaya abrasi, pasang surut air laut yang berakibat pada abrasi dan hal lainnya” ungkap Kapolda Kaltim.

Sebagai informasi pada hari ini presiden Joko Widodo dalam rangka puncak penanaman mangrove di Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, yang diikuti oleh jajaran TNI polri di seluruh Indonesia.

Melalui teleconference Presiden Jokowi juga berpesan kepada jajaran TNI Polri di seluruh Indonesia agar manggrove yang baru ditanam bisa dilakukan perawatan di perhatikan agar tetap tumbuh

“Kepada semuanya saya minta agar tanaman manggrove yang baru ditanam bisa tumbuh dengan baik. Jangan pas ditanam hidup setelah di tinggalkan mati.semuanya harus dirawat dan dipelihara “, Ungkap presiden Joko Widodo (*/ Ries)

44

Leave a Reply

Your email address will not be published.