Sambut HUT TNI ke-75, Kodam VI/Mulawarman Gelar Baksos Donor Darah

Balikpapan, Metrokaltim.com – Aksi bakti sosial (baksos) berupa donor darah digelar di Kodam VI/Mulawarman bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Balikpapan, pada Selasa (22/9) pagi. Kegiatan baksos ini dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-75 tahun 2020.

Dengan mengusung tema “Darahku Mengalir Untuk Negeriku” kegiatan Donor Darah HUT Ke-75 TNI turut dihadiri oleh Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto, S.E., M.M., M.Tr. (Han), Ketua Dharma Pertiwi Daerah F Ibu Heri Wiranto, Kasdam VI/Mlw Brigjen TNI T.N Hartanta, Danlanud Dhomber Balikpapan Kolonel Pnb Hendrayansyah, S.Sos, Danlanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Andri Kristianto, Para Asisten dan Para Pejabat Kodam VI/Mulawarman.

Pangdam bersama Ketua Dharma Pertiwi memantau jalannya kegiatan donor darah.

Kegiatan donor darah diikuti oleh 259 orang peserta, terdiri dari perwakilan Satuan jajaran Kodam VI/Mlw, perwakilan Lanud Dhomber Balikpapan, perwakilan Lanal Balikpapan dan perwakilan dari Polda Kaltim dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yaitu memakai masker, cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer, dan menjaga jarak dalam pelaksanaannya.

Dalam sambutannya, Pangdam menyampaikan kegiatan donor darah ini nantinya akan disumbangkan dalam rangka program kemanusiaan, terutama untuk ketersediaan darah bagi pasien yang membutuhkan dan Mudah-mudahan kesadaran seperti ini dapat menjadi contoh ajakan bagi saudara-saudara kita yang lain, untuk turut pula memikirkan dan memiliki rasa kepedulian terhadap keselamatan jiwa sesama.

Bakti sosial donor darah dalam rangka HUT TNI.

“Donor darah juga memiliki manfaat bagi pendonor itu sendiri yaitu menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu penurunan berat badan, mendapatkan kesehatan psikologis dan mendeteksi apabila ada penyakit serius. Beberapa manfaat tersebut akan dapat lebih dirasakan apabila kita melaksanakan donor darah secara rutin,” imbuh Pangdam dalam sambutannya.

Diakhir sambutannya Pangdam juga mengucapkan terimakasih kepada para pendonor yang sudah dengan suka rela, tulus dan ikhlas menyumbangkan darahnya. “Mudah-mudahan ketulusan niat dari para pendonor akan mendapatkan berkah dan pahala dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa,” tuturnya.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *