Setelah Dilantik Petugas PPS Langsung Bergerak Dengan Persiapan

BALIKPAPAN, Metrokaltim.com – Sebanyak 102 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilu 2024 resmi dilantik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan di Hotel Horison Balikpapan, Selasa (24/1/2023).

Usai kegiatan, Ketua KPU Noor Thoha mengatakan, setelah dilantik para anggota PPS akan langsung bergerak dengan persiapan membentuk atau membuka pendaftaran calon anggota panitia pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) di setiap wilayah kerjanya.

“PPS dan Pantarlih merupakan bagian dari KPU yang bertugas menyelenggarakan Pemilu, dan semua bisa berjalan dengan baik jika semua bekerja dengan baik dan saling bersinergi,” ucapnya.

Apalagi tugas mereka dari rumah ke rumah, sehingga perlu memahami teknologi terkait pendataan dan pemanfaatannya.

Untuk masa kerja PPS di pemilu 2024 cukup panjang, durasi sekitar delapan bulan. Namun untuk Pemilu 2024 akan ada aturan khusus, seperti pelantikan di Januari dan pemilu dilaksanakan Februari 2024.

“PPS juga ikut mengajak masyarakat memilih dan terlibat di Pemilu 2024. Maka mereka bertugas memberi pemahaman dengan dasar yang jelas,” jelasnya.

Pada kesempatan ini.Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud menghadiri kegiatan Pelantikan PPS Pemilu 2024, dan megucapkan selamat kepada para petugas PPS yang baru dilantik.

“Bersikap adil sesuai pakta integritas yang telah dibaca. Dan laksanakan dengan sebaik-baiknya,” tambahnya.

Ia berpesan agar petugas PPS yang telah terpilih bisa menjaga netralitas dan kondusivitas di kota Balikpapan. Tetap terlibat aktif dalam pemilu dan tidak Golput.

Meski terjadi benturan politik dan adanya pemindahan Ibu Kota Negara. Hal ini akan menjadi tolak ukur di Kaltim  karena tiap orang memiliki kewajiban sama untuk berhak dipilih dan memilih.

“Kita sukseskan pemilu ini. Saya yakin, komitmen masyarakat Kaltim dalam menyukseskan pemindahan Ibu Kota Negara,” ungkapnya. (mys/ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published.