Sumijan Butuh Uluran Tangan, Sarah: Berharap Ada Bantuan Kaki Palsu Agar Bisa Kembali Beraktivitas

Balikpapan, Metrokaltim.com – Diwilayah kota Balikpapan masih ada ditemui warga yang sangat membutuhkan uluran tangan, salah satunya seorang petani bernama Sumijan (50) yang tinggal di Jalan Soekarno Hatta Km 9, RT 39 Kelurahan Graha Indah, Balikpapan Utara (Balut).

Dari pantauan Metrokaltim.com saat berkunjung ke rumah milik Sumija, beliau merupakan kepala keluarga yang harus menghidupi istri dan seorang anaknya. Namun karena sudah sekitar 5 tahun beliau mengidap penyakit gula yang cukup tinggi, sehingga beberapa hari lalu ia harus kehilangan kaki kirinya karena diamputasi, lantaran sudah membusuk.

Akibatnya dirinya tidak lagi bisa bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarganya, sehingga saat ini dia hanya bisa mengandalkan istrinya untuk berkebun maupun tengkulak buah dan sayuran yang akan dijual.

Saat dikunjungi, Sumijan mengucapkan terima kasih banyak kepada Ketua RT 39 Hj Sarah dan warga RT 39 yang masih peduli dengan dirinya. Iya sangat bersyukur karena sudah dibawa ke rumah sakit dan dibiayai pengobatannya.

“Saya berharap ini cepat sembuh, agar bisa kembali jualan sayur. sakura banyak terima kasih sama bu RT karena saya sudah dibantu, yang gak tau apa-apa dan ditolongin semuanya sampai berobat. Saya gak bisa balas, semoga yang balas yang maha kuasa,” sedihnya Sumijan saat ditemui awak media dikediaman, Rabu (11/8).

Tempat yang sama, Ketua RT 39 Graha Indah Hj Siti Sarah menjelaskan keadaan warganya sebelum dan sesudah membawa Sumijan ke rumah sakit untuk penanganan lebih jauh.

“Bapak ini semasa hidupnya pekerja keras, sampai lupa memperhatikan kesehatan dan waktu makannya, sehingga ketika mengidap penyakit gula tanpa disadari selama 5 tahun. Makanya ketika dia luka, sulit untuk sembuhnya dikarenakan kadarnya sangat tinggi 460,” jelas Siti Sarah sambil melihat pak Sumijan.

Melihat perekonomian Balikpapan yang sangat berdampak ditengah pandemi covid-19, dirinya pun berniat untuk mengumpulkan dana swadaya warga RT 39 untuk membantu melunasi tunggakan dan membayarkan angsuran BPJS Sumijan, agar bisa digunakan untuk berobat.

“Sebelum dirujuk kerumah sakit hermina, lurah Graha Indah menyarankan swab dahulu, dan alhamdulillah bapak hasilnya negatif, setelah itu dibawa ke rumah sakit untuk dirawat,” tambahnya.

Sarah berharap warga Balikpapan dimanapun berada bisa peduli untuk menyalurkan bantuan kepada warganya, agar dapat kembali melanjutkan aktivitasnya bertani dan menghidupi keluarganya.

“Untuk sementara ini warga kami masih tetap membantu seadanya, tapi untuk kebutuhan hidupnya sehari-hari kami juga sulit mencukupi karna sama-sama terdampak. Saya berharap ada warga yang mau menyalurkan tangannya untuk membantu,” inginnya.

Ia benar-benar berharap ada belas kasihan dari warga mana saja, kelak jika sudah kering dan sembuh amputasinya, dengan keikhlasan agar bisa dibantu kaki palsu, supaya Sumijan bisa melanjutkan aktivitasnya kembali.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *