Tantang Mahasiswa dan Pelajar, Pertamina Gelar Essay Competition

Balikpapan, Metrokaltim.com – Generasi muda diharapkan memiliki pemikiran kritis dalam menyikapi berbagai hal. Pemikiran kritis ini pula diharapkan dapat memberikan perspektif baru dalam melihat suatu fenomena atau permasalahan. Hal ini yang menjadi salah satu dasar Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan menggelar lomba essay se Kalimantan Timur.

“Lomba essay yang dilaksanakan Pertamina kali ini mengambil tema Environmental Ideal Behaviour. Lomba ini dapat diikuti oleh seluruh siswa SLTA sederajat dan mahasiswa se Kalimantan Timur,” kata Area Manager Communication, Relations & CSR KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin (Jumat, 11/03).

Lomba Essai ini dibedakan atas 2 kategori yaitu Kategori Pelajar SLTA sederajat dan Kategori Mahasiswa baik D3, D4 maupun S1. Peserta lomba dapat merupakan individu, namun dapat juga peserta kelompok dengan anggota maksimal 3 orang.

Tujuan dari lomba ini menurut Chandra adalah untuk menemukan gagasan generasi bangsa yang inovatif, kreatif dan solutif untuk menyelesaikan masalah terkait aspek lingkungan dengan mengacu pada teknologi dan informasi terbaru yang dapat berdampak positif dan dipertanggungjawabkan.

“Generasi muda tentunya memiliki pemikiran yang lebih terbuka dan objektif dalam melihat suatu fenomena ataupun permasalahan. Termasuk tentunya dalam melihat fenomena terkait kebiasaan berprilaku ramah lingkungan,” katanya.

Naskah esai diharapkan dapat merepresentasikan gagasan yang inovatif, kreatif dan solutif untuk menyelesaikan masalah. Peserta dapat menulis dengan memilih salah satu sub temanya yaitu efisiensi air, efisiensi energi, pemanfaatan sampah rumah tangga dan pengelolaan potensi eco wisata.

“Para pelajar dan mahasiswa yang ingin ikut dapat melihat panduan lebih lengkap di link ptm.id/PanduanERVES2022 dan melakukan registrasi di https://ptm.id/RegistrasiERVES2022,” katanya.

Pendaftaran dan pengumpulan tulisan sudah dimulai sejak 1 Maret yang lalu dan akan berakhir pada tanggal 31 Maret yang akan datang. Total hadiah untuk kategori mahasiswa sebesar Rp. 5,4 juta dan kategori pelajar SLTA sebesar 4,7 juta.

“Ayo teman-teman para pelajar SLTA dan Mahasiswa mengikuti lomba ini. Buktikan bahwa kalian punya ide-ide kreatif dalam menjaga dan melestarikan lingkungan,” tutup Chandra.

(*/Ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published.